Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 10
Pada artikel kali ini saya akan berbagi file yang berisikan Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 10 Semester 1.
File ini saya bagi untuk anda para guru mapel matematika secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun hehe
Selain gratis saya juga akan menyertakan file Microsoft Word, sehingga bisa anda ubah dan edit sesuai dengan keinginan.
Kisi-Kisi Matematika Wajib ini sangat penting sekali bagi siswa agar mereka fokus terhadap soal yang akan diujikan dalam Penilaian Akhir Semester.
Baca juga : 100+ Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 dan Jawabannya I Part 1
Perangkat ini salah satu hal wajib yang harus dibuat oleh guru, namun jarang yang membuatnya.
Total dalam kisi-kisi ini ada 40 Soal dengan rincian 35 soal Pilihan Ganda dan 5 soal Essay.
Untuk file word bisa anda unduh di bawah ini :
SIMPAN FILE
Sedangkan kisi-kisinya bisa anda lihat di bawah ini:Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Matematika (Wajib)
Kelas/Semester : X (Ganjil)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi
Inti |
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Bentuk
Soal |
No
Soal |
1 |
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta penerapan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. |
3.1 Menginterprestasi persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan
dan pertidaksamaan linear aljabar lainnya. |
Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear
Satu Variabel |
·
Siswa dapat menentukan nilai mutlak dari suatu bilangan ·
Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan │ax + b│=
c ·
Siswa dapat menentukan penyelesaian dari persamaan : 1)
│ax + b│= │px - q│ 2)
│ax - b│+ │px + q│= c ·
Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan │ax -
b│> c ·
Siswa dapat menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan : 1)
c ≤│ax - b│ 2)│ax + b│≥│px - q│ ·
Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan nilai
mutlak | ax + b | ≤ px + q |
PG ESSAY |
1 2,3 4 5 6 7 8 36 |
3.2 Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel. |
Pertidaksamaan Rasional dan Irasional |
·
Siswa
dapat menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan rasional : 1) 2) 3) ·
Siswa
dapat menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan irasional: 1) 2) 3) 4) ·
Siswa dapat menentukan himpunan penyelesain pertidaksamaan irasional |
PG ESSAY |
9 10 11,12 13 14 15 16 37 |
||
3.3 Menyusun sistem persamaan linear tiga
variabel dari masalah kontekstual |
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) |
·
Siswa
dapat menentukan penyelesaian dari SPLTV ·
Diberikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLTV, siswa dapat menentukan model matematikanya
serta menyelesaikannya |
PG |
17 18 |
||
3.4 Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat). |
Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel (Linear-Kuadrat
dan Kuadrat-kuadrat) |
¨
Siswa
mampu menentukan himpunan titik didalam daerah penyelesaian pertidaksamaan
linear yang diberikan.. ¨
Diberikan
gambar grafik , siswa mampu menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan
linear. ¨
Siswa
dapat menentukan daerah penyelesaian dari pertidaksamaan linear. ¨
Siswa
dapat menentukan daerah penyelesaian dari pertidaksamaan linear. |
PG ESSAY |
19 20 21 40 |
||
3.5 Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama
fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungs rasional) secara formal yang
meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta
sketsa grafiknya. |
Fungsi |
¨
Diberikan
relasi dari suatu himpunan, siswa dapat menentukan himpunanan pasangan
berurutan. yang merupakan fungsi. ¨
Diberikan
relasi dari suatu himpunan, siswa dapat menentukan fungsi injektif. ¨
Siswa
dapat menunjukkan fungsi surjektif dengan diagram panah. ¨
Siswa
dapat menentukan nilai fungsi dari persamaan linear dan kuadrat ¨
Siswa
dapat menentukan asimtot tegak dari fungsi rasional. ¨
Siswa
dapat menentukan daerah asal alami fungsi. |
PG |
22 23 24 25 26 27 |
||
3.6 Menjelaskan operasi komposisi pada
fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta
menentukan eksistensinya. |
|
¨
Siswa
dapat menentukan fungsi komposisi. ¨
Siswa
dapat menentukan nilai x yang memenuhi suatu fungsi komposisi. ¨
Diketahui
fungsi komposisi, siswa dapat menentukan hasil dari beberapa fungsi. ¨
Siswa
dapat menentukan nilai fungsi invers. ¨
Siswa
dapat menentukan fungsi komposisi. |
PG ESSAY |
28,29 30 31,
32 33,34,35 38,39 |