Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 10

Pada artikel kali ini saya akan berbagi file yang berisikan  Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 10 Semester 1.

File ini saya bagi untuk anda para guru mapel matematika secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun hehe

Selain gratis saya juga akan menyertakan file Microsoft Word, sehingga bisa anda ubah dan edit sesuai dengan keinginan.

Kisi-Kisi Matematika Wajib ini sangat penting sekali bagi siswa agar mereka fokus terhadap soal yang akan diujikan dalam Penilaian Akhir Semester.

Perangkat ini salah satu hal wajib yang harus dibuat oleh guru, namun jarang yang membuatnya.

Total dalam kisi-kisi ini ada 40 Soal dengan rincian 35 soal Pilihan Ganda dan 5 soal Essay.

Untuk file word bisa anda unduh di bawah ini :

SIMPAN FILE

Sedangkan kisi-kisinya bisa anda lihat di bawah ini:

Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Matematika (Wajib)

Kelas/Semester : X (Ganjil)

Kurikulum : 2013

No

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

1

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta penerapan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1  Menginterprestasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear aljabar lainnya.

 

Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel

·         Siswa dapat menentukan nilai mutlak dari suatu bilangan

·         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan │ax + b│= c

·         Siswa dapat menentukan penyelesaian dari persamaan :

1)      │ax + b│= │px - q│

2)      │ax - b│+ │px + q│= c

·         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan │ax - b│> c

·         Siswa dapat menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan :

1)      c │ax - b│

2)│ax + b│≥│px - q│

 

·         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak  | ax + b | ≤  px + q

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ESSAY

1

 

2,3

 

 

 

 

4

5

 

6

 

 

 

7

8

 

 

   36

3.2  Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel.

 

Pertidaksamaan Rasional dan Irasional

·         Siswa dapat menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan rasional :

1)     

2)     

3)     

 

·         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan irasional:

1)     

2)     

3)     

4)       

·         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesain pertidaksamaan irasional

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ESSAY

 

 

9

 

10

 

11,12

 

 

 

 

13

14

15

16

 

   37

3.3  Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual

 

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

·         Siswa dapat menentukan penyelesaian dari SPLTV

 

·         Diberikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLTV,  siswa dapat menentukan model matematikanya serta menyelesaikannya

 

PG

17

 

 

 

 

18

3.4  Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat).

 

Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel (Linear-Kuadrat dan Kuadrat-kuadrat)

¨      Siswa mampu menentukan himpunan titik didalam daerah penyelesaian pertidaksamaan linear yang diberikan..

¨      Diberikan gambar grafik , siswa mampu menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linear.

¨      Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari pertidaksamaan linear.

 

¨      Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari pertidaksamaan linear.

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ESSAY

19

 

 

20

 

 

21

 

 

 

40

 

 

3.5  Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungs rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya.

 

Fungsi

¨      Diberikan relasi dari suatu himpunan, siswa dapat menentukan himpunanan pasangan berurutan. yang merupakan fungsi.

¨      Diberikan relasi dari suatu himpunan, siswa dapat menentukan fungsi injektif.

¨      Siswa dapat menunjukkan fungsi surjektif dengan diagram panah.

¨      Siswa dapat menentukan nilai fungsi dari persamaan linear dan kuadrat

¨      Siswa dapat menentukan asimtot tegak dari fungsi rasional.

¨      Siswa dapat menentukan daerah asal alami fungsi.

PG

22

 

 

 

23

 

24

 

25

 

26

 

27

3.6  Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya.

 

 

¨      Siswa dapat menentukan fungsi komposisi.

¨      Siswa dapat menentukan nilai  x  yang memenuhi suatu fungsi komposisi.

¨      Diketahui fungsi komposisi, siswa dapat menentukan hasil dari beberapa fungsi.

¨      Siswa dapat menentukan nilai fungsi invers.

 

¨      Siswa dapat menentukan fungsi komposisi.

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

ESSAY

28,29

 

30

 

31, 32

 

33,34,35

 

38,39


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel