Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah Bahasa Inggris SMP Terbaru
Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah Bahasa Inggris SMP Terbaru kepada anda semuanya.
Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini sudah tidak ada lagi Ujian Nasional (UN), dan diganti dengan dengan Ujian Sekolah atau Ujian Madrasah (US/UM).
Di mana dalam Ujian Sekolah ini, soal dibuat oleh masing-masing sekolah/madrasah dengan standar yang telah ditentukan.
Semua mata pelajaran yang diajarkan dalam proses pembelajaran di sekolah akan diujikan pada tes ini. Sesuatu yang sangat berbeda dengan UN, di mana hanya beberapa mapel saja yang diujikan.
Bahasa Inggris merupakan salah satu mapel wajib, sehingga pelajaran ini juga akan diujikan dalam setiap Ujian Sekolah.
Baca juga : Soal Ujian Sekolah Bahsa Inggris SMP dan Jawabannya
Adapun Materi dalam Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah Bahasa Inggris sebagai berikut :
Interaksi transaksional / interpersonal: Dialog singkat permintaan maaf, harapan dan do’a, kebahagiaan atas prestasi.
- Teks fungsional: Greeting card
- Teks fungsional: Short message
- Teks fungsional: Advertisement
- Teks fungsional: Announcement
- Teks Esai : Label
- Teks Esai : Deskriptif
- Menulis Teks Descripsi
- Teks Esai : Recount
- Menulis Teks Recount
- Teks Esai : Narrative
- Teks Esai : Procedure
- Menulis Teks Procedure
- Teks Esai : Report
- Unsur Kebahasaan: Kata sambung
- Unsur Kebahasaan: Simple Present Tense
- Unsur Kebahasaan: Passive voice
- Lirik lagu dg tema persahabatan & perdamaian
Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah Bahasa Inggris
Langsung saja silahkan unduh filenya di bawah ini :
No. Urut |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Tes |
No. Soal |
1 |
Interaksi transaksional /
interpersonal: Dialog singkat
permintaan maaf, harapan dan do’a, kebahagiaan atas prestasi. |
Disajikan
dialog singkat tentang meminta maaf, siswa dapat menentukan fungsi sosial
(tujuan salah satu ungkapan) dari dialog tersebut. |
Pengetahuan
dan Pemahaman: ⮚
Mengidentifikasi ( Level 1) |
PG |
1 |
Disajikan
dialog rumpang tentang harapan dan do’a, siswa dapat melengkapi bagian
rumpang dari dialog tersebut dg ungkapan yg tepat. |
PG |
2 |
|||
Disajikan
dialog singkat tentang kebiasaan dan keharusan, siswa dapat menentukan
gambaran umum dari dialog tersebut. |
PG |
15 |
|||
Disajikan
dialog singkat tentang kebiasaan dan keharusan, siswa dapat menentukan
informasi tertentu (rincian peristiwa)
dari dialog tersebut. |
PG |
16 |
|||
2 |
Teks fungsional: Greeting card |
Disajikan
teks greeting card, siswa dapat menentukan informasi rinci (target pembaca) |
Pengetahuan
dan Pemahaman: ⮚
Menidentifikasi ( Level 1) |
PG |
3 |
Disajikan
teks greeting card, siswa dapat
menentukan informasi tertentu (makna kata/frasa/kalimat) |
PG |
4 |
|||
3 |
Teks fungsional: Short message |
Disajikan teks short message, siswa dapat menentukan
gambaran umum
|
|
PG |
5 |
Disajikan
teks short message, siswa dapat menentukan rujukan kata |
|
PG |
6 |
||
4 |
Teks fungsional: Advertisement |
Disajikan
teks advertisement, siswa dapat menentukan target iklan dengan benar.
|
Pengetahuan
dan Pemahaman: ⮚ Menidentifikasi ( Level 3) |
PG |
11
|
Disajikan
penggalan kalimat rumpang dari teks advertisement, siswa dapat melengkapi
kalimat rumpang dengan kata sambung yang tepat.
|
Aplikasi: ⮚
Menerapkan ( Level 2) |
PG |
12 |
||
Disajikan
teks advertisement, siswa dapat menentukan informasi tertentu (rincian
argumentasi)
|
PG |
13 |
|||
Disajikan
teks advertisement, siswa dapat menentukan makna kata yang di garis bawah.
|
PG |
14 |
|||
5 |
Teks fungsional: Announcement
|
Disajikan
teks announcement, siswa dapat menentukan tujuan teks.
|
Pengetahuan
dan Pemahaman: ⮚
Menidentifikasi ( Level 1) |
PG |
17 |
Disajikan
teks announcement, siswa dapat menentukan rincian deskripsi.
|
PG |
18 |
|||
Disajikan
teks announcement, siswa dapat menentukan persamaan kata |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
19 |
||
6
|
Teks Esai : Label |
Disajikan
teks label sederhana, siswa dapat menetukan akibat bila tdk mengikuti
petunjuk/manfaat teks tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
20 |
Disajikan
teks label sederhana, siswa dapat menetukan rincian deskripsi dari teks
tersebut. |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
21 |
||
7
|
Teks Esai : Deskriptif |
Disajikan
sebuah kalimat rumpang berdasarkan teks deskriptif, siswa dapat melengkapi
dengan adjective/noun phrase yang tepat.
|
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Membandingkan ⮚
Menerapkan
|
PG |
7 |
Disajikan
potongan kalimat dari teks tersebut, siswa dapat menentukan makna dari kata
yang digaris bawah
|
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Membandingkan ⮚
Menerapkan
|
PG |
8 |
||
Disajikan
teks deskritive sederhana, siswa dapat menetukan gambaran umum dari teks
tersebut.
Disajikan
teks deskritive sederhana, siswa dapat menetukan rincian deskripsi dari teks
tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan Penalaran: (Level 3) Penalaran (Level 3) ⮚ Menganalisis ⮚ Menyimpulkan
|
PG |
9
|
||
PG |
10 |
||||
Disajikan
teks deskritive sederhana, siswa dapat menetukan informasi rinci dari teks
tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
22 |
||
Disajikan
potongan kalimat dari teks tersebut, siswa dapat menentukan sinonim dari kata
yang digaris bawah
|
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Membandingkan ⮚
Menerapkan
|
PG |
23 |
||
Disajikan
potongan kalimat dari teks tersebut, siswa dapat menentukan rujukan kata dari
kata yang digarisbawah
|
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Membandingkan ⮚
Menerapkan
|
PG |
24 |
||
8 |
Menulis Teks Descripsi |
Disajikan
perintah untuk membuat paragrap deskripsi, siswa dapat menulisnya minimal 5
buah kalimat. (Disajikan
dua buah gambar binatang/orang/benda, siswa dapat membandingkan dua benda
tersebut menggunakan degree comp dalam 3 kalimat dengan benar). |
Aplikasi: (Level 2) ⮚ Menerapkan
|
URAIAN |
41 |
9 |
Teks Esai : Recount |
Disajikan
teks recount sederhana, siswa dapat menetukan gambaran umum dari teks
tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
25 |
Disajikan
teks recount sederhana, siswa dapat menetukan rincian peristiwa dari teks
tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
26 |
||
Disajikan
teks recount sederhana, siswa dapat menetukan rujukan kata dari teks tersebut |
PG |
27 |
|||
10 |
Menulis Teks Recount |
Disajikan
perintah untuk menuliskan pengalaman, siswa dapat menuliskan pengalaman nya
minimal 5 buah kalimat. |
Aplikasi: (Level 2) ⮚ Menerapkan
|
URAIAN |
42 |
11
|
Teks Esai : Narrative
|
Disajikan
teks narrative sederhana, siswa dapat menetukan tujuan dari teks tersebut
|
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
28 |
Disajikan
teks narrative sederhana, siswa dapat menentukan pesan moral yang dapat
diambil dari teks narrative tersebut |
PG |
29 |
|||
Disajikan
teks narrative sederhana, siswa dapat menetukan rincian peristiwa dari teks
tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
30 |
||
Disajikan
teks narrative sederhana, siswa dapat menetukan makna kata dari teks tersebut |
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Membandingkan ⮚
Menerapkan
|
PG |
31 |
||
12 |
Teks Esai : Procedure |
Disajikan
teks procedure sederhana, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
36 |
Disajikan
teks procedure sederhana, siswa dapat menetukan rincian langkah dari teks
tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
37 |
||
13 |
Menulis Teks Procedure |
Disajiakan
3 buah judul teks procedure, siswa dapat menulis teks prosedure dari salah
satu judul yang diberikan. Akibat
bila tdk mengikuti langkah. |
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Menerapkan
|
URAIAN |
43 |
14 |
Teks Esai : Report |
Disajikan
teks report, siswa dapat menetukan gambaran umum dari teks tersebut |
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
32 |
Disajikan
penggalan kata dari teks report, siswa dapat menetukan rujukan kata yang
digaris bawah dari kalimat tersebut
|
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
33 |
||
Disajikan
penggalan kata dari teks report, siswa dapat menetukan makna kata yang
digaris bawah dari kalimat tersebut
|
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
34 |
||
Disajikan
teks report, siswa dapat menetukan ide pokok dari salah satu paragraph dari
teks tersebut
|
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
35 |
||
15 |
Unsur Kebahasaan: Kata sambung |
Disajikan
dialog rumpang mengenai meminta dan memberi pendapat, siswa dapat melengkapi dengan
kata sambung yang tepat |
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Membandingkan ⮚
Menerapkan
|
PG |
38 |
16 |
Unsur Kebahasaan: Simple Present
Tense |
Disajikan
pertanyaan, siswa bisa menuliskan kegiatan yang rutin dikerjakan pada hari
minggu. Minimal 4 kalimat |
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Menerapkan
|
URAIAN |
44 |
17 |
Unsur Kebahasaan: Passive voice |
Disajikan
kalimat aktif, siswa dapat merubah kalimat tersebut menjadi kalimat passive.
|
Penalaran: (Level 2) ⮚
Mengaflikasi ⮚
Menerapkan
|
PG |
39 |
Disajikan
kata-kata acak, siswa dapat menyusun nya menjadi kalimat passive yang tepat.
|
Penalaran: (Level 3) ⮚
Menganalisis ⮚
Menyimpulkan
|
PG |
40 |
||
18 |
Lirik lagu dg tema persahabatan
& perdamaian
|
Disajikan
lirik lagu dg tema …. , siswa bisa menyebutkan makna ( the message of a song)
yang terkandung dari lagu “Count on me” minimal 2 kalimat. |
Aplikasi: (Level 2) ⮚
Mengklasifikasi ⮚
Menerapkan
|
URAIAN |
45 |
|
|
Demikianlah informasi mengenai Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah Bahasa Inggris, mudah-mudahan dapat bermanfaat.