Tips Agar Berhasil Mengirim Data PMP


Tips Agar Berhasil Mengirim Data PMP. Sahabt Operator Dapodik yang saya hormati, tentu saat ini anda sekalian masih sibuk mengerjakan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau yang lebih akrab disebut dengan PMP. Hal ini sangat wajar mengingat batas pengambilan data (Cut Off) PMP dilakukan pada akhir oktober  2016 ini.

Perlu saya jelaskan kembali, Aplikasi PMP merupakan aplikasi untuk menilai kualitas mutu pendidikan di sebuah sekolah. Adapun cakupan mutu yang dinilai ialah semua komponen sekolah meliputi, Komite, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Mereka akan mengisi kuesioner yang jumlahnya ratusan, yang intinya berisi berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan pelayanan dan mutu pendidikan di sekolah. Diharapkan melalui aplikasi ini, mutu sekolah bisa terus ditingkatkan menjadi lebih baik.



Tips Agar Berhasil Mengirim Data PMP
Tips Agar Berhasil Mengirim Data PMP.


Namun, sejak dirilis pertama kali, Aplikasi PMP cukup membuat resah para Operator Dapodik. Hal itu terjadi karena terdapat beragam Bug (Kesalahan) aplikasi yang membuat proses pengerjaan PMP menjadi terhambat. Misalnya ada kuesioner yang heng dan tidak muncul sehingga membuat kuesioner tidak bisa diverivikasi dan dikirim ke server pusat.

Tapi seiring adanya perbaikan, alhamdulillah di Aplikasi PMP Versi Terbaru (Versi 1.4)  sudah cukup baik. Kendati demikian, ada persolan penting yang masih saja terjadi, yaitu proses pengiriman data PMP yang berlangsung sangat lama dan tak kunjung berhasil. Persoalan ini menjadi pembahasan serius para Operator Dapodik, sebab hal ini terjadi dalam skala nasional. Banyak yang berpendapat Aplikasi PMP memang belum sepenuhnya sempurna jadi masih banyak kesalahan yang perlu untuk segera diperbaiki.

Meski demikian anda tak perlu galau, saya akan berbagi Tips Agar Berhasil Mengirim Data PMP yang saya alami ketika mengirim data PMP.  Hal-hal yang saya sampaikan di bawah ini merupakan hasil dari pengalaman pribadi ketika sulit melakukan pengiriman data PMP. Simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Perlu dicatat, Penyebab Tidak bisa terkirimnya data atau proses kirim data PMP lambat disebabkan 2 hal, yaitu akses Internet lambat sehingga tidak mendukung proses pengiriman data dan Server pusat dalam masa perbaikan atau banyak sedang banyak yang melakukan pengiriman data. Maka dari itu dalam melakukan pengirima data PMP pastikan hal-hal di bawah ini:

1. Pastikan akses internet terhubung dengan baik, jangan sampai putus nyambung agar proses pengiriman data lancar. Apabila koneksi internet putus nyambung maka secara otomatis pengiriman gagal.

2. Coba ulang beberapa saat lagi. Lebih baik melakukan pengiriman data di saat server sepi pengirim. Seperti pada malam hari atau habis subuh (hindari jam-jam kerja). Ini juga saya lakukan dan hasilnya data PMP berhasil saya kirim.

3. Biarkan proses pengiriman data anda berlangsung selama satu jam. Jika belum juga berhasil anda boleh menghentikan. Tunggu selama 3-7 hari, dan lihat di progres pengiriman data. Biasanya data yang sudah dikirim tapi belum anda pemberitahuan berhasil data tetap masuk dalam progres pengiriman

4. Jika masih belum berhasil segera hubungi tim yang berwenang baik ditingkat Kabupaten/Kota maupun pusat

Penutup

Dalam perkembangannya (hingg artikel ini saya tulis) proses pengiriman PMP kini sudah ada keterangan BERHASIL. Cukup beberapa menit asal koneksi internet lancar, data minimal responden terpenuhi dan server pusat aktif maka data akan terkirim.

Namun perlu diingat, data yang terkirim itu tidak akan langsung bisa masuk dalam progres pengiriman data. Melainkan menunggu proses selanjutnya. Biasanya menunggu waktu beberapa minggu hingga dalam progres pengiriman dikatakan Sudah Berhasil.

Intinya, semua data responden pengisi kuesioner PMP harus anda penuhi. Setelah itu baru dikirim. Ketika mengirim sudah terdapat keterangan bahwa proses pengiriman BERHASIL maka tanggungjawab operator sudah selesai. Untuk masuk server atau belum itu akan diproses oleh sistem tersebut.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Agar Berhasil Mengirim Data PMP"

  1. knp di log pngiriman aplikasi berhasil tpi di progres blm muncul, sdh dtunggu satu mnggu tp ttp blm kirim yg di progres web pmp????????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan saat mengirim koneksi internet lancar

      Hapus
  2. keluhan semua opr pmpseluruh indonesia sm aja...
    ngga bisa ngirim data...........................................
    kami se kecamatan udah berusaha maximal ampe tiap 3-4 jam kirim data
    ne dah hari ke 5 kami kirim data,,,,
    tapi server spt tak respon !!!!!
    PMP oooohhhh PMP .......

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu sampai 7 hari pak dan lihat di progres pengiriman data

      Hapus