Cara Instalasi Dapodik 2017 yang Benar


Cara Instalasi Dapodik 2017 yang Benar - Sobat operator dapodik, pada tanggal 31 Januari 2017 Tim Dapodikdasmen telah melakukan Rilis Aplikasi Dapodik 2017.

Tentunya ini kabar baik buat para operator, sebab sudah beberapa minggu mereka menantikan “kelahiran” aplikasi dapodi versi terbaru ini.

Di dalam Aplikasi Dapodik 2017 terdapat berbagai macam pembenahan yang signifikan, mulai dari metode validasi, penembahan fitur baru hingga perbaikan Bug yang terdapat pada aplikasi versi sebelumnya.

Berbagai pembenahan tersebut dilakukan sebagaiupaya sinkronisasi terhadap aturan atau regulasai, mekanisme dan prosedur pemanfaatan data Dapodik untuk aktivitas transaksioanl di Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), transaksi PIP, transaksi BOS, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rilis Aplikasi Dapodik 2017

Adanya pembenahan di aplikasi dapodik 2017 diharapan mampu meningkatkan kualitas Dapodik sehingga bisa mendukung berbagai aktivitas transaksional di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembaruan yang ada di Aplikasi Dapodik 2017 dilakukan dari 2 hal, yaitu dari sisi  front-end dan pembaruan pada sisi database, yang sudah memakai database versi 2.61.

 Cara Instalasi Dapodik 2017 yang Benar
Rilis Aplikasi Dapodik 2017.


Akibat pembaruan kedua hal tersebut secara teknis, pada aplikasi dapodik versi sebelumnya yang meliputi Dapodik 2016a, 2016b, 2016c tidak bisa langsung diperbarui (diupgrade)  ke Aplikasi Dapodik 2017.

Operator harus melakukan install ulang terhadap aplikasi dapodik. Maka dari itu pada Aplikasi Dapodik 2017 yang dirilis hanyalah software dalam bentuk INSTALLER Dapodik 2017 dan tidak ada versi UPDATER.

Cara Instalasi Aplikasi Dapodik 2017


Untuk melakukan instalasi Aplikasi Dapodik 2017, anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini

Persiapan Instalasi


a. Kode registrasi dan Akun Petugas Pendataan Dapodik

Sebelum memulai proses instalasi terhadap aplikasi Dapodik Versi 2017, operator perlu memastikan sudah mempunyai kode registrasi dan Akun Petugas Pendataan yang nantinya akan dipakai dalam proses instalasi.

b. Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik Versi 2017 hanya tersedia dalam bentuk file installer saja yang merupakan hasil dari perbaikan dan pengembangan dari aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Untuk mengunduh software Aplikasi Dapodik Versi 2017 anda harus melalui beberapa langkah berikut ini:

  1. Kunjungi website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  2. Klik Tab menu Unduh kemudian klik kiri pada Installer Dapodik Versi 2017, selanjutnya tunggu sampai file installer berhasil disimpan di lokal computer atau laptop anda.

c. Generate Prefill Aplikasi Dapodik 

Generate prefill adalah sebuah tahapan untuk mengambil database awal yang dimiliki sekolah yang berasal dari server supaya bisa diregistrasikan ke dalam aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk formatfile *.prf). Generate prefill ini adalah database dari hasil sinkronisasi terakhir sekolah bersangkutan.

Berikut ini langkah-langkah mengunduh Generate Profil:

  • kunjungi website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
  • Pilihlah jenjang sekolah yang sesuai dengan sekolah anda.
  • Masukkan data username, password, dan kode registrasi sekolah yang valid
  • Sesudah anda berhasil memasukkan data username, password, dan kode registrasi sekolah, silahkan klik Menu “Generate”. Tunggu sampai proses generate selesai.
  • Sesudah proses selesai, maka selanjutnya akan tampil jendela bahwa Pembuatan prefill telah selesai dilakukan
  • Klik Menu “Download” dan simpan prefill tersebut ke dalam drive C:\ dengan menggunakan nama folder “prefill_dapodik”.

Cara Instalasi Aplikasi Dapodik yang Benar


Usai seluruh tahapan persiapan instalasi dilakukan, selanjutnya adalah melakukan instalasi aplikasi dapodik V.2017.

Adapun langkah-langkah instalasi dapodik 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Siapkanlah file software installer yang telah diunduh tadai. (ketika proses instalasi disarankan menutup semua program lainnya)
  2. Klik dua kali pada file software installer, Apabila tampil security warning, maka pilihlah “Yes” atau khusus bagi komputer yang menggunakan sistem operasi windows dengan versi tertentu, silahkan klik “Run Anyway”.
  3. Kemudian akan muncul sebuah tampilan jendela aplikasi Dapodik, silahkan pilih menu “Lanjut”.
  4. Pada jendela perjanjian persetujuan yang muncul, silahkan anda pilih “Saya Setuju” untuk menyetujui perjanjian dan klik pilihan “Lanjut”.
  5. Kemudian pada jendela silahkan “Pilih lokasi tujuan”,  secara default berjalan secara otomatis mengarahkan pada lokasi instalasi drive berada, yaitu “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Selanjutnya silahkan pilih tombol “Lanjut”.
  6. ah folder yang bernama Start Menu, maka secara default sistem akan secara otomatis langsung mengisi “Dapodik”. Selanjutnya silahkan pilih tombol “Lanjut”.
  7. Silahkan anda masuk ke jendela persiapan untuk memasang aplikasi Dapodik, Caranya klik tombol “Pasang” untuk mulai melakukan proses instalasi aplikasi dapodik.
  8. Proses instalasi aplikasi Dapodik 2017 sudah mulai berjalan. Silahkan tunggu sampai proses pemasangan ini selesai dilakukan.
  9. Untuk mengakhiri proses pemasangan aplikasi Dapodik 2017 ini, silahkan klik tombol “Selesai”.
  10. Sesudah proses instalasi aplikasi dapodik 2017 selesai maka akan muncul sebuah ikon aplikasi Dapodik pada halaman desktop PC anda. Klik dua kali pada ikon tersebut untuk membuka dan menjalankan aplikasi.
 Cara Instalasi Dapodik 2017 yang Benar
Tampilan Aplikasi Dapodik 2017.



Daftar Perubahan pada Aplikasi Dapodik 2017


Seperti biasanya, dalam setiap rilis aplikasi dapodik terbaru pasti disertai beberapa perubahan. Perubahan yang ada dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Pembaruan dan Perbaikan.

Berikut ini Daftar Pembaruan dan Perbaikan Aplikasi Dapodik 2017:

Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017


  1. Penambahan terhadap atribut Terima fisik kartu KIP yaitu pada entitas Peserta Didik bersangkutan
  2. Penambahan fitur mengenai peran Peserta Didik bisa melakukan login ke dalam aplikasi Dapodikdasmen
  3. Penambahan fitur peran GTK dapat login ke aplikasi Dapodikdasmen
  4. Penambahan sebuah kolom baru dari Sekolah Asal pada data registrasi peserta didik
  5. Penambahan Jumlah Jam Mengajar (JJM) yang diakui pada tugas tambahan pada Pembina Pramuka sebanyak 2 jam
  6. Penambahan terhadap aturan validasi untuk memperketat kewajaran data dan kelengkapan data pada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)
  7. Penambahan terhadap persetujuan oleh Kepala Sekolah ketika akan melakukan proses sinkronisasi
  8. Penambahan terhadap fitur salin sarana dan buku ata alat hanya khusus untuk Prasarana yang sudah hapus buku
  9. Penambahan terhadap pemicu atau trigger untuk melakukan pengecekan Riwayat Sertifikasi dan Riwayat Pendidikan Formal ketika melakukan penambahan terhadap Kompetensi pada Rincian GTK
  10. Penambahan terhadap unduhan profil detail khusus bagi SMK
  11. Penambahan terhadap Menu baru Validasi Pusat yang berfungsi untuk merangkum semua data yang dinilai bermasalah oleh pihak Pusat
  12. Pemisahan antara para Guru dan Tenaga Kependidikan (Tendik) di sebuah sekolah
  13. Penonaktifkan terhadap penulisan angka, klik kanan dan mouse copy atau paste di kolom pilihan mapel di pembelajaran
  14. Penonaktifkan terhadap penulisan angka, klik kanan dan mouse copy atau paste di kolom pilihan kurikulum di rombongan belajar (Rombel)
  15. Pengaktifan terhadap atribut data Peserta Didik yang berupa NISN/Nama/Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung pada entitas data khusus Peserta Didik apabila status validasi pada VervalPD(PDSPK) dinyatakan tidak benar atau invalid (sesuai dengan field yang invalid tersebut)
  16. Pengaktifan terhadap atribut data GTK yang berupa NUPTK, Nama, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung pada entitas khusus data GTK apabila status validasi pada Vervalptk (PDSPK) dinyatakan tidak benar atau invalid (sesuai dengan field yang invalid yang ada)
  17. Penambahan terhadap Referensi Kepercayaan Kepada Tuhan YME dan perubahan terhadap label menjadi agama dan kepercayaan masing-masing.
Baca juga: Cara Perbaikan PTK dan PD di Dinas Provinsi

Perbaikan Aplikasi Dapodik 2017 


  1. Perbaikan terhadap Validasi untuk NIK, NIK Ibu, NIK Ayah, NIK Wali yang ada pada entitas data PD dengan memakai vtype numberonly
  2. Perbaikan terhadap Validasi untuk Nama, Nama Ibu Kandung, Nama Ayah, Nama Wali yang ada pada entitas data PD dengan memakai vtype namaspecialchar
  3. Perbaikan terhadap Validasi untuk Nama dan Nama Ibu Kandung yang ada pada entitas data GTK dengan memakai vtype namaspecialchar
  4. Perbaikan terhadap label Riwayat pekerjaan menjadi Riwayat Karir Guru bersangkutan yang ada pada rincian GTK dan pengaturan pengisian hanya untuk Guru saja
  5. Perbaikan terhadap bugs (kesalahan) security pada aplikasi
  6. Perbaikan terhadap pada Formulir Sekolah
  7. Perbaikan pada Formulir GTK
  8. Perbaikan pada Formulir untuk Peserta Didik
  9. Perbaikan bugs (kesalahan) ketika melakukan penggantian terhadap foto profil operator sekolah
  10. Perbaikan bugs (kesalahan) yang ada pada kurikulum SLB

Catatan Penting! Aplikasi Dapodik akan selalu dilakukan poses pembenahan, pernbaikan, penyempurnaan dan pembaruan (update) seiring dengan perkembangan dan tuntutan serta penyesuaian terhadap berbagai perubahan dan perkembangan regulasi.

Untuk itu, diharapkan agar semua sekolah di Indonesia terus meningkatkan kualitas data Dapodik baik secara jumlah atau kuantitas maupun kualitasnya.

Demikian informasi mengenai Cara Instalasi Dapodik 2017 yang Benar yang bisa saya sampaikan untuk anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Instalasi Dapodik 2017 yang Benar"

Posting Komentar