Panduan Pendataan Biodata UN Offline


Saat ini para operator Dapodik dan panitia pelaksana Ujian Nasional (UN) tahun 2017 sedang sibuk-sibuknya segala administrasi kelengkapannya. Salah satunya mengenai Biodata UN.

Menanggapi berbagai permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh operator dan panitia UN, saya di sini akan coba membantu dengan membahas tentang Panduan Pendataan Biodata UN Offline.

Fokus artikel yang saya buat kali ini adalah mengenai tahap persiapan dalam pengelolaan Biodata UN Offiline ini.

Untuk hal-hal lain terkait cara pengisian data, proses, cetak hingga utilitas akan saya bahas selanjutnya. Tujuan saya adalah agar poin-poin pembahasan mengenai pendataan Biodata UN Offline bisa dikupas secara mendalam dan tuntas. Sehingga tidak ada lagi masalah yang dihadapi oleh operator dapodik dan panitia UN.

Supaya anda mendapat penjelasan lengkap, silahkan perhatikan artikel dari saya berikut ini:

Panduan Pendataan Biodata UN Offline

Apa Itu Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline?


Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendataan terhadap peserta didik yang akan menjadi calon peserta UN.

Aplikasi ini digunakan untuk menangani proses pendataan peserta didik yang akan menjadi  calon peserta Ujian Nasional. Mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs/SMPT, SMA/MA  dan SMK.

Di dalam Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline operator dapodik atau petugasa pendataan UN sekolah harus memastikan bahwa semua data peserta didiknya sudah benar-benar valid.

Mulai dari nama lengkap, NISN, nomor peserta  ujian dan segala data pelengkap pelaksanaan UN. Kelengkapan data ini akan memengaruhi validitas data peserta UN yang nanti akan keluar.

Sejak sekarang dan seterusnya, mekanisme  sistem pendataan calon peserta ujian nasional di sebuah satuak akan dilaksanakan secara online.

Dengan menggunakan sistem online ini diharapkan proses pendataan tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu hambatan apapun.

Dikarenakan belum semua daerah di Indonesia bisa mengakses internet dengan baik dan lancar, maka dibuatlah Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline.

Tujuan dibuatnya Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline adalah sebagai upaya untuk memudahkan petugas pelaksana UN di tingkat sekolah dalam menginput data peserta UN.

Data tersebut nantinya bisa diinput secara offline terlebih dahulu (terutama bagi wilayah yang sulit mengakses jaringan internet). Ketika data yang diinput sudah lengkap dan valid baru kemudian diunggah ke server pusat.

Apakah Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline Harus Diinstal?


Berbeda dengan aplikasi lainnya yang harus diinstal ke dalam komputer/laptop, Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline tidak perlu diinstalasi. Pengguna hanya perlu menyalin beberapa folder yang berisikan file-file berikut ini:
  1. BIODATA UN. Exe
  2. msvsc71.dll 
  3. fp9renu.dll
  4. vfp9r.dll
  5. foxypreview.app
  6. vfp9t.dll
  7. ReportPreview.app
  8. ReportBuilder.app
  9. ReportOutput.app
  10. Kompetensi.dbf ( hanya untuk keperluan SMK )
Cukup banyak memang, hal ini sangat wajar mengingat pendataan UN itu mencakup seluruh data diri peserta didik di sebuah sekolah.

Syarat Penggunaan Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline


Sebelum anda menggunakan Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Persyaratan ini berkaitan dengan spesifikasi PC yang akan anda gunakan dalam mengelola Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline.

Adapun Spesifikasi yang komputer/laptop yang bisa digunakan untuk mengelola Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline adalah:
  • Komputer/Laptop yang digunakan memiliki memori yang memadai
  • Komputer/Laptop yang digunakan harus menggunakan minimal OS Windows XP atau bisa windows versi terbaru (harus diinstal lengkap
  • Hardisk atau media data harus cukup untuk menampung seluruh data.

Persiapan Sebelum Entri Data


Agar proses pendataan berjalan dengan lancar, sebelum melakukan entri data peserta UN anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Sudah mengunfuh file yang berasa dari data base pusat  dengan nama : rayon11_xxU.dbf dan sek11_xx01U.dbf ( xx di sini merupakan kode propinsi ) serta Kompetensi.dbf. Jangan pernah sekali-kali menggunakan File tersebut tidak boleh menggunakan file yang bukan dari data base pusat.  Untuk alamat websitenya nanti menyusul.

2. Buatlah folder yang akan digunakan untuk menjadi area kerja pendataan (Misalnya adalah  Data-UN11B ), maka Copykanlah file terseut ke dalam folder Data-UN11B, yang isinya antara lain :
  • BIODATA UN. Exe
  • msvsc71.dll
  • vfp9r.dll
  • vfp9renu.dll
  • vfp9t.dll
  • foxypreview.app
  • ReportBuilder.app
  • ReportOutput.app
  • ReportPreview.app
  • Kompetensi.dbf > Khusus bagi keperluan SMK saja, SMP dan SMA tidak perlu menggunakannya
3. Buatlah sebuah sub folder Dataprg di dalam folder Data-UN11B

4. Kemudian Copykan data file rayon11_xxU.dbf, sek11_xx01U.dbf serta Kompetensi.dbf yang berasal dari hasil download di Dataprg.

Adapun Struktur Folder baku yang digunakan untuk melakukan pendataan Peserta Ujian Nasional

- letak/Drive dapat di mana saja seperti Drive C, D, E atau yang lainnya
- Foldernya bernama \ Data-UN11A\04-01\Biodata
                                                   \04-02\Biodata
                                                    \Dataprg

5. Telah tersedia data-data  awal yang nantinya akan digunakan sebagai dasar rujukan kebenaran (validitas) data. Urutkanlah data manual tersebut mulai dari kelas paralel yang paling terkecil.

Cara Login Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline

Setelah semua syarat dan persiapan sebelum mengoperasikan Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline dipenuhi, selanjutnya adalah melakukan Login aplikasi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai beriktu:

  • Klik Dua Kali File BIODATA UN.Exe

Supaya dapat menjalankan aplikasi Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline, anda cukup klik dua kali pada file BIODATA UN.Exe  yang tersdia.

  • Masuk Laman Login

Setelah itu akan tampil sebuah kotak untuk login yang berisikan User ID dan Password. Masukkan data User ID dan Password anda masing-masing. Jangan lupa pilih jenjang sekolah yang berada di bawahnya.

  • Klik Tombol Login

Sesudah anda memasukkan data User ID dan Password yang valid, silahkan Klik Tombol Login. Jika anda berhasil, maka akan tampil sebuah halaman seperti gambar di atas.

Dalam laman utama Aplikasi Pendataan Biodata UN Offline akan terdapat berbagai menu. Seperti Isi Data, Cetak, Proses Kelua, dan Utilitas,.

Di dalam menu-menu utama tersebut nanti masih ada beberapa sub menu-sub menu lainnya untuk pengoperasian aplikasi.

Penutup

Seperti yang telah saya ungkapkan di atas, artikel ini baru berisi Panduan Pendataan Biodata UN Offline pada tahap persiapan. Untuk kelanjutannya, saya akan mengupasnya secepatnya. Silahkan anda penuhi semua persiapan tersebut agar proses pendataan berjalan lancar.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Panduan Pendataan Biodata UN Offline"

  1. user dan password yg dipakai utk login ke aplikasi Biodata UN offline user yg mana?

    saya sudah coba login pakai user dan password yg sama dengan user biounsmama.kemdikbud.go.id gak bisa masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. username dan password yang diberikan oleh KKdatadik pak

      Hapus