Buku Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2017


Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017 adalah sebuah buku yang berisi mengenai cara pengelolaan dan penggunaan aplikasi dapodik versi 2017.

Buku ini dibuat oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Buku Panduan ini memuat berbagai macam pengenalan dan panduan teknis aplikasi dapodik versi 2017 mulai dari tahap persiapan, proses instalasi aplikasi sampai dengan penjelasan mengenai daftar pembaruan dan perbaikan yang ada di dalamnya.

Dibuatnya Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017 bertujuan untuk memberikan beragam kemudahan kepada petugas pendataan atau operator dapodik sekolah dan warga sekolah yang ingin mengimplementasikan aplikasi dapodik versi terbaru ini.

Penyusunan buku panduan ini adalah upaya strategis yang dilakukan oleh Dirjen Dikdasmen untuk menyampaikan informasi secara luas kepada para petugas dapodik sekolah mengenai pembaruan yang terdapat di dalam aplikasi dapodik versi 2017.

Melalui panduan yang disusun diharapkan berbagai hal yang berhubungan dengan pembaruan dan perbaikan aplikasi dapodik versi 2017 bisa dimengerti secara mudah dan jelas.

Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017


Seperti yang anda semuanya tahu, bahwa dalam setiap pembaruan aplikasi dapodik pastinya akan disertai berbagai macam pembaruan dan perbaikan sistem.

Pembaruan ini meliputi keseluruhan menu di dalam aplikasi dapodik, mulai dari Sekolah, GTK, Peserta Didik sampai dengan tahap validasi.

Maka jangan heran ketika anda melakukan instalasi software aplikasi dapodik versi terbaru, pada beberapa data yang awalnya valid kemudian menjadi invalid.

Hal ini sangat wajar mengingat setiap pembaruan aplikasi, pasti akan disertai dengan berbagai kebijakan baru. Untuk itulah, operator dapodik wajib membaca Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017. Supaya bisa menjadi panduan dalam melakukan pendataan.

Penjelasan Aplikasi Dapodik Versi 2017


Dari sisi navigasi dan tampilan, aplikasi dapodik versi 2017 memang sengaja didesain sama dengan aplikasi versi sebelumnya (versi 2016).

Tujuan hal itu adalah supaya memudahkan para operator dapdik yang akan memproses penginputan data pada suatu satuan pendidikan.

Bagi anda yang sudah menginstal aplikasi dapodik versi 2017 tentunya sudah sangat faham dengan tampilannya. Penempatan menu tidak ada yang berubah, kecuali adanya penambahan submenu GTK dan Tendik pada Menu GTK.

Baca juga: Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017

Pastinya desain seperti itu memudahkan para operator dapdik. Mereka tak perlu belajar dari awal kembali untuk memahami setiap menu yang ada di dalamnya.

Dalam hal sistem, aplikasi dapodik versi 2017 juga dirancang agar mampu menghasilkan kualitas data yang lebih baik. Karena data yang harus diinput oleh operator semakin rinci. Misalnya pada Menu GTK juga harus menambahkan Riwayat Karir Guru.

Sruktur database yang digunakan aplikasi dapodik versi 2017 juga sudah mengalami pembaruan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pemanfaatan data dapodik.

Pada tahap validasi data juga dibuat aturan baru yang lebih ketat, tujuannya supaya bisa mengurangi berbagai kemungkinan kekeliruan ketika melakukan proses penginputan data. Sehingga bisa meningkatkan validitas dan kelengkapan data dapodik.

Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017 yang dibuat oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud ini, nantinya akan menjadi sumber informasi yang berkaitan dengan penjelasan pembaruan dan perbaikan di dalamnya.

Selain itu, buku tersebut juga diharapka bisa menjadi pedoman bagi operator dapodik ketika menjalankan tugas dan tanggungjawabnya ketika menginput data dan operasional Aplikasi Dapodik versi 2017 ini.

Isi Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017


Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik versi 2017 beisi tentang berbagai hal, yaitu

KATA PENGANTAR


DAFTAR ISI


BAB I INFORMASI UMUM


1.1 Penjelasan Aplikasi Dapodik Versi 2017

1.2 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

1.3 Peran dan Tanggung Jawab Warga Sekolah

1.4 Kerahasiaan Data di Dapodik

1.5 Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware) untuk Dapodik

1.6 Spesifikasi Minimum Software (Operating System dan Browser) untuk Dapodik

BAB II KETENTUAN UMUM


2.1 Kode Registrasi Sekolah

2.2 Data Prefill Dapodik

2.3 Menjalankan Aplikasi Dapodik

2.4 Validasi Data Dapodik

2.5 Kuncian Data Dapodik

2.6 Versi Aplikasi Dapodik Versi 2017

BAB III INSTALASI APLIKASI DAPODIK Versi 2017


3.1 Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2017

3.2 Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2017

BAB IV PEMBARUAN DAN PERBAIKAN


4.1 Daftar Pembaruan dan Perbaikan Aplikasi Dapodik Versi 2017

4.2 Deskripsi Pembaruan dan Perbaikan Aplikasi Dapodik Versi 2017

a. Pembaruan dan Perbaikan Sistem Aplikasi

b. Pembaruan dan Perbaikan Sekolah

c. Pembaruan dan Perbaikan Pengguna

d. Pembaruan dan Perbaikan Guru dan Tenaga Kependidikan

e. Pembaruan dan Perbaikan Peserta Didik

f. Pembaruan dan Perbaikan Rombongan Belajar

g. Pembaruan dan Perbaikan Validasi

h. Pembaruan dan Perbaikan Prasarana

i. Pembaruan dan Perbaikan Pengiriman Data

j. Pembaruan dan Perbaikan Referensi

BAB V PENUTUP


Cara Mengunduh Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017


Untuk mendapatkan Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017 merupakan sesuatu yang sangat mudah. Apabila anda tidak mempunyai paket data internet, maka tak perlu khawatir.

Sebab buku tersebut bisa anda unduh secara gratis tanpa jaringan internet sekalipun. Asalkan anda sudah menginstal aplikasi dapodik versi 2017 di PC anda.


Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017


Sebenarnya ada dua cara utuk mendapatkan Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017. Kedua cara tersebut adalah secara online dan offline.

Apabila anda ingin memperolehnya secara online, maka silahkan kunjungi website dapodikdasmen. Cara informasi mengenai rilis aplikasi dapodik versi 2017. Bukan saja artikel tersebut nanti di dalamnya akan terdapat link aktif untuk mengunguh buku panduan tersebut.

Baca juga: Cara Ampuh Mengumpulkan Dokumen Dapodik dari Siswa

Namun apabila anda dalam keadaan offline, Cara Mengunduh Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017 adalah sebagai berikut.
  • Pastikan Aplikasi dapodik versi 2017 sudah diinstal
  • Login ke dapodik menggunakan akun anda masing-masing
  • Klik satu kali pada Menu Pusat Unduhan
  • Klik Submenu Panduan (lokasinya berada di atas)
  • Klik Unduh pada File PDF Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017
  • Tunggu sampai proses pengunduhan selesai dilakukan.

Penutup


Buku Panduan Aplikasi Dapodik versi 2017 disusun dengan tujuan utama untuk membantu memberikan penjelasan umum terkait dengan pembaruan dan perbaikan aplikasi dapodik versi terbaru.

Semoga saja buku tersebut bisa menjadi referensi yang jelas bagai para operator dapodik di seluruh Indonesia.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2017"

Posting Komentar