Gaji Operator Sekolah 2017 sesuai Juknis BOS


Gaji Operator Sekolah 2017 - Sahabat Operator Dapodikdasmen di seluruh Nusantara, pada akhir Februari 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan aturan mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2017.

Juknis BOS terbaru itu tertuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 Tahun 2017.

Perlu anda semua fahami bahwa Juknis BOS adala sebuah pedoman yang diperuntukkan bagi pemerintah daerah pada tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan dalam hal penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan BOS.

Baca juga: Download Juknis BOS Terbaru 2017

Semua jenjang sekolah mulai dari SD sampai dengan SMA sederajat haruslah mengetahui dan memahami dengan betul isi dari Juknis BOS tersebut.

Sebab di dalamnya mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan mekanisme dan tata aturan penggunaan dan pertanggungjawaban dana bantuan tersebut.

Gaji Operator Sekolah 2017 sesuai Juknis BOS


Maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Gaji Operator Sekolah 2017 sesuai Juknis BOS.  Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ketentuan Penggunaan BOS Tahun 2017


Sebelum masuk pada pembahasan Gaji Operator Sekolah 2017 sesuai Juknis BOS, terlebih dahuli kita harus mengetahui tentang Ketentuan Penggunaan BOS.

Memang dalam penggunaan Dana BOS tidak boleh dilakukan sembarangan, melainkan harus sesuai dengan aturan yang dibuat.

Adapun Ketentuan Penggunaan BOS Tahun 2017 adalah sebagai berikut:
  1. Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sebuah sekolah haruslah didasarkan pada sebuah kesepakatan dan keputusan bersama antara Tim BOS Sekolah, Dewan Guru, dan Komite Sekolah bersangkutan. Dari hasil kesepakatan tersebut haruslah dituangkan secara tertulis di dalam sebuah bentuk berita acara rapat dan ditandatangani oleh para peserta rapat. Adapun kesepakatan mengenai penggunaan dana BOS harus didasarkan skala prioritas kebutuhan dari sekolah bersangkutan, khususnya untuk membantu mempercepat proses pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan/atau Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang berlaku saat ini.
  2. Penggunaan dana BOS harus diprioritaskan untuk kegiatan operasional sekolah bersangkutan.
  3. Biaya transportasi dan uang lelah bagi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di luar kewajiban jam mengajarnya sesuai dengan satuan biaya yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.
  4. Bunga bank/jasa giro akibat adanya dana BOS di rekening sekolah akan diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Baca juga: Daftar Tugas Operator Dapodik yang Tak Banyak Diketahui

Gaji Operator Sekolah 2017


Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan di dalam Juknis BOS adalah mengenai gaji operator sekolah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sampai saat ini kesejahteraan para operator sekolah terbilang masih sangat minim.

Jika dibandingkan dengan beban kerjanya yang sungguh sangat berat, apa yang mereka dapatkan hingga saat ini belum bisa dikatakan sebagai layak.

Bagaimana tidak, banyak dari para operator yang harus mengerjakan seluruh keperluan administrasi pendataan sekolah dengan sendirian.

Tak jarang mereka harus rela lembur setiap malam untuk melakukan sinkronisasi data, supaya data sekolahnya bisa terus diupdate sesuai dengan aturan yang berlaku.

Namun, kerja keras operator sekolah belum mendapat apresiasi yang layak dari sekolah maupun pemerintah sendiri.

Bayangkan saja, teman-teman operator sekolah kebanyakan dibayar sesuai dengan keikhlasan dari pihak sekolah sendiri.

Tidak ada standar gaji yang diberikan kepada mereka. Apalagi tunjangan seperti sertifikasi. Tentu ini sangat tidak sebanding dengan kerja keras yang selama ini mereka lakukan.

Dari hal tersebut, muncullah sebuah pertanyaan sebenarnya untuk gaji operator sekolah apakah ada aturan resminya?

Sebenarnya di dalam Juknis BOS Tahun 2017, masalah gaji operator sekolah juga dibas di dalam lampiran.

Tepatnya pada Bab V yang membahas mengenai Penggunaan Dana pada sub bab bahasan poin nomor 5 tentang Pengelolaan Sekolah.

Pada bagian pembahasan komponen Pembiayaan untuk kegiatan Dapodik dijelaskan bahwa:

Honor untuk petugas pendataan Dapodik (Operator Sekolah). Kebijakan mengenai pembayaran honor untuk para petugas pendataan di sekolah harus mengikuti beberapa ketentuan sebagai berikut ini :

  1. Kegiatan dalam rangka pendataan Dapodik diupayakan supaya dikerjakan oleh para tenaga administrasi berkompeten yang telah tersedia di sekolah, baik yang itu merupakan seorang pegawai tetap maupun dari tenaga honorer. Sehingga pihak sekolah tidak perlu menganggarkan biaya tambahan yang diperuntukkan untuk pembayaran honor bulanan
  2. di sekolah tidak tersedia tenaga administrasi yang berkompeten maka sekolah bisa menugaskan seorang petugas pendataan lepas atau outsourcing yang nantinya akan dibayar sesuai dengan waktu pekerjaan atau per kegiatan Dapodik (tidak akan dibayarkan dalam bentuk honor rutin setiap bulan/bulanan).

Untuk lebih jelasnya mengenai diksi honor operator pendataan dapodik bisa anda lihat melalui gambar di atas.

Dari ketentuan tersebut, dapat kita ketahui bahwa dalam juknis BOS tidak mengatur secara spesifik mengenai gaji operator sekolah.

Pada poin pertama dijelaskan, jika disebuah sekolah terdapat tenaga administrasi sekolah yang berkompeten maka tugas pendataan Dapodik bisa diberikan kepada dirinya.

Sehingga sekolah tidak perlu menganggarkan biaya khusus/tambahan untuk pembayaran honor bulanan.

Ini berarti, tugas menjadi operator sekolah seakan menjadi pekerjaan tambahan bagi seorang tenaga administrasi di sekolah. Sedangkan gaji yang diperolehnya adalah gaji bulanannya sesuai yang berlaku di sekolah tersebut.

Pada poin kedua, jika di sebuah sekolah tidak ada tenaga administrasi sekolah yang berkompeten maka boleh menugaskan tenaga lepas.

Mereka nantinya akan digaji sesuai dengan waktu pekerjaan yang dia lakukan untuk mengelola data pokok pendidikan di sebuah sekolah.

Dari sini saya rasa anda sudah memahami, bahwa memang sampai sekarang mengenai honor operator sekolah memang belum ada nominal yang jelas.

Penutup


Tidak bisa dipungkiri bahwa tugas operator sekolah memang sangat penting bagi dunia pendidikan. Sebab di era moderen seperti sekarang semua proses pendataan pendidikan dilakukan secara online.

Bagi sekolah di bawah naungan Kemendikbud, pendataan tersebut dilakukan melalui Aplikasi Dapodikmen. Dan orang yang mengelolanya biasa disebut operator sekolah/dapodik.

Semua program dari pemerintah diambil dari Aplikasi Dapodikdasmen. Mulai dari BOS, PIP, Sertifikasi Guru, hingga data UN peserta didik.

Dari sini anda bisa mengra-ngira sendiri betapa beratnya kerja dari operator sekolah. Maka dari itu, semoga nasib kawan-kawan operator sekolah di seluruh Indonesia agar dipikirkan dengan baik. Terutama megenai penghargaan/gaji/honor yang mereka dapatkan.

Sebab kesejahteraan yang didapatkan oleh operator sekolah ini bisa meningkatkan etos kerja mereka. Sehingga kualitas data pendidikan sekolah di Indonesia akan semakin baik.

Demikian informasi mengenai Gaji Operator Sekolah 2017 sesuai Juknis BOS yang dapat saya sampaikan untuk anda sekalian.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Gaji Operator Sekolah 2017 sesuai Juknis BOS"

  1. KLO BEGITU SAME MAWON PODO WAE, KATANYA DATA PENTING KOK DIKERJAKAN TENAGA LEPAS. ARTINYA GURU YANG MERANGKAP OPERATOR TIDAK DAPAT TAMBAHAN PENDAPATAN DARI PEKERJAAN OPS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Banget tuh.. pemerintah bikin ketentuan ga jelas, se'akan2 Operator di PHPin. harusnya yang tegas. Misalkan (jumlah siswa+Guru) X Rp.1000 atau Rp....... dibayarkan per 3 Bulan. Begitu Buat isi Juknis BOS Nya.....hadeeuuh

      Hapus
    2. Betul ...
      jdi kalau muridnya 3000 orang maka gaji opsnya 3 juta..
      kalau muridnya 21 orang ya Rp21.000,-

      Hapus
  2. benar tuh sami mawon podo wae balik bandar lagi, balik bandar lagi. belum ada kejelasan. sedangkan beban operator bukan saja hanya ke dapodik saja ada juga yang ngajar, tidak mungkin ngajar ditinggalkan dan pasti harus cari waktu di luar jam sekolah bahkan sampai malam untuk sinkron ataupun pengerjaan data siswa, bisa dibayakngkan kalau jumlah siswa di atas 1000.

    BalasHapus
  3. Mana ada itu cuman ngomong doang untuk bayar gaji ini.lah itulah..kenyataan sampai sekarang operator..sekolah blm layak dibayar..ngomong siapa aja boleh..kami bukti...mana...

    BalasHapus
  4. kalau ketentuannya yg dibuat tidak jelas sperti ini,..maka kesimpulannya operator itu dijadikan budak,...

    BalasHapus
  5. banyak OPS tidak pernah dapat dari Juknis yg di bahas......

    BalasHapus
  6. Tentukan gaji dong .. kita kerja dapodik kita kerja dana bos . Banyak dikerjakan slma 3 bulan . Pas dapat gaji 300 .000 per triwulan .. habis buat ongkos .. 100/bulan .. aduuh lw gaji bgitu mulu .. Hampir dalam sethun operatot diskolah tsb gontak ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu harapan semua operator. semoga bisa segera terwujud

      Hapus
    2. Setuju saya dengan anda, disekolah saya lebih berat lagi jadi operator dapodik juga, kjp, bagian TU juga ... belum kena omel guru yang mengajukan sertifikasi jika saya ada kesalahan dalam penginputannya dan jujur saya hanya dapat upah RP. 450.000 saja , saya hanya kasihan dengan siswa saya saja kalau tidak saya sudah berhenti jadi operator.., kalian para pemerintah masih manusiawi atau tidak, guru kalian sejahterahkan operator yang anda susahkan..

      Hapus
  7. Kerja kayak jaman penjajahan tapi gaji parah bangat gak jelas lagi.

    BalasHapus
  8. operator sekolah lebih banyak gajinya dibanding guru, apalagi operator sekolah doyan ngeblog kaya gini, penghasilan sampingannya uhuy banget

    BalasHapus
  9. Share dong gaji operator dapodik di sekolah masing2, biar ada gambaran.
    Kalau merangkap bendahara, gaji 200rb/bln wajar tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar banget..
      wajar kalau OPS di sekolah gonta ganti terus...

      Hapus
    2. diwajarkan saja alias diikhlaskan....

      Hapus
  10. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Selamat siang, Bapak dan Ibu operator sekolah yang selalu bersemangat mengemban tugas mewakili lembaga pendidikan masing-masing...
    Nama saya Prima Yudha Yudistira, Saya mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang mengambil Jurusan Administrasi Pendidikan..
    Saya mau bertanya Pak/Bu, Saat ini saya mengambil skripsi yang berjudul "PENGARUH KEPUASAN GAJI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA OPERATOR SEKOLAH" dan yang saya tanyakan apa kendala dari operator sekolah yang dihadapi saat ini terkait dengan GAJI?

    Terima kasih atas perhatiannya, semoga Bapak dan Ibu semua diberi kesehatan dan kebahagiaan dalam bekerja..

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  11. Saya Sebagai OP Sekolah Merasa Bersemangat Apabila Yang dimaksud Dapat terrealisasikan, Dan Semoga Semua Guru2 Di Indonesia Sejahtera.. Aamin

    BalasHapus
  12. Yg buat juknis pastinya bukan orang lapangan, makanya gk tau beban kerja plus mental opr sekolah. Lesso ancor pessena telor. Salam buat semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak seimbang antara beban kerja dan honor

      Hapus
  13. kalau saya operator merangkap guru jadi gajinya lumayan gede

    BalasHapus