Panduan Verval Data Peserta Didik PKBM Terbaru


Pada tahun 2017, operator sekolah juga harus melakukan Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di sekolahnya masing-masing.

Hal ini dilakukan untuk menjaga validitas data para peserta didik, supaya pada kemudian hari tidak terjadi masalah yang dapat merugikan berbagai pihak.

Data yang diverifikasi dan validasi misalnya adalah Nama Lengkap, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sampai dengan tempat tanggal lahir peserta didik.

Semua data tersebut harus dijaga validitasnya dan disesuaikan dengan dokumen resmi yang mendukung setiap data diri peserta didik.

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Panduan verval Data Peserta Didik PKBM Terbaru.

Tujuannya supaya anda semua mengetahui dengan jelas dan benar bagaimana cara melakukan verval data peserta didik.

Informasi ini berasal dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dikeluarkan pada Tahun 2017.

Panduan Verval Data Peserta Didik PKBM Terbaru


Panduan verval ini cukup lengkap karena memuat berbagai hal mulai dari tahap pendahuluan sampai selesai melakukan verval data peserta didik.

Informasi ini adalah kelanjutan dari Panduan Verval PD Operator Kabupaten/Kota yang sebelumnya sudah saya publikasikan.

Panduan Verval Data Peserta Didik PKBM


Pendahuluan

Pada Tahap pendahuluan ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Operator Sekolah harus melakukan pengisian data melalui aplikasi DAPODIK masing-masing
  • Operator Sekolah harus melakukan registrasi untuk menjadi pengelola data peserta didik melalui sebuah laman jaringan pengelola data yang beralamat di sdm.data.kemdikbud.go.id 
  • Operator Sekolah yang telah terdaftar melalui jaringan pengelola data bisa mengakses laman vervalpd.kemdikbud.go.id dengan menggunakan username dan password yang telah terdaftar di jaringan pengelola data (SDM).


Tujuan Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik

Adapun tujuan dari adanya Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik adalah sebagai berikut

  • Untuk memastikan jumlah peserta didik yang masuk ke vervalpd sudah sesuai dengan jumlah peserta didik yang telah diisikan ke dalam aplikasi DAPODIK.
  • Untuk memastikan peserta didik yang telah  diisikan ke dalam aplikasi DAPODIK sudah memiliki NISN semuanya.
  • Untuk memperbaiki data yang tidak sesuai atau data invalid yang ada pada aplikasi DAPODIK supaya peserta didik dapat memenuhi syarat untuk diberikan NISN.


Menu Login Aplikasi Vervalpd 

Langkah-langkah untuk dapat mengakses aplikasi vervalpd ialah sebagai berikut ini:

  1. Ketikkan alamat laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id pada browser (saya anjurkan menggunakan Google Chrome/Mozila Firefox)
  2. Masukkan data Username dan Password yang sebelumnya sudah anda registrasikan
  3. Setelah terisi, klik Tombol Login yang berada di bawahnya


Menu Home Aplikasi Vervalpd 

Menu Home adalah menu tampilan awal setelah anda berhasil melakukan login ke dalam Aplikasi VervalPD.

Ada beberapa Menu yang terdapat di HOME, yaitu Referensi, Belum Memiliki NISN, Data Invalid dan Logout.

Semua menu tersebut harus anda fahami dengan benar, sebab nanti digunakan untuk melakukan verval terhadap semua data peserta didik. (Untuk penjelasannya akan saya sampaikan di bawah)

Menu Referensi Aplikasi Vervalpd 

Di dalam Menu Referensi terdapat dua Sub Menu lagi, yaitu:

  • Menu Referensi – Aktif fungsinya adalah untuk menampilkan semua data dari peserta didik aktif yang datanya sudah valid dan diberikan NISN secara otomatis oleh system dari pusat.
  • Menu Referensi – Lulusan fungsinya adalah untuk menampilkan daftar data lulusan dari sebuah sekolah.


Menu Belum Memiliki Nisn

Di dalam Menu Belum Memiliki NISN akan menampilkan seluruh data dari peserta didik yang belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dikarenakan terlambat diisikan di dalam Aplikasi DAPODIK yang berdasarkan pada batas akhir pengisian untuk penomoran secara otomatis.

Bagi para peserta didik yang belum memiliki NISN, maka dia akan diberikan NISN secara otomatis pada semester berikutnya.


MENU DATA INVALID 

Menu Data Invalid akan menampilkan seluruh data dari para peserta didik yang tidak valid dan perlu segera dilakukan perbaikan data di dalam aplikasi DAPODIK.

Di dalam Menu ini, nantinya anda akan mengetahui data apa saja yang dinyatakan masih invalid oleh sistem. Sehingga anda bisa langsung mengeceknya di dalam Aplikasi Dapodik.

Maka dari itulah, ketika anda menginput data dari para peserta didik, usahkan melihat dokumen resmi dari peserta didik bersangkutan. Supaya data yang diinput bisa langsung valid.

Menu Logout 

Menu Logout adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk keluar dari aplikasi vervalpd setelah verifikasi dan validasi data selesai dilakukan.

Dengan mengklik tombol Logout maka anda akan secara otomatis keluar dari aplikasi verval PD. Jika ingin masuk kembali maka anda harus melakukan login ulang.

Penutup

Verifikasi dan Validasi terhadap data peserta didik merupakan hal penting, karena akan berpengaruh terhadap berbagai program dan kebijakan. Seperti BOS, PIP sampai dengan Ujian Nasional.

Maka dari itu para operator sekolah sangat perlu sekali untuk melakukan Verval terhadap semua data peserta didik di sekolahnya

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Verval Data Peserta Didik PKBM Terbaru"

Posting Komentar