Cara Mengatasi NIP Ditemukan tapi Beda Identitas di BKN



Sahabat operator dapodikdasmen, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini Aplikasi Dapodik sudah terintegrasi dengan database dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Akibat adanya kebijakan baru tersebut, terdapat beberapa dampak yang harus segera difahami baik oleh para operator maupun GTK yang berkaitan.

Untuk pembahasan tersebut, pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan. Silahkan anda baca artikel Inilah Dampak Data Dapodik Terintegrasi dengan Database BKN.

Integrasi dapodik dengan database BKN, menuntut kita supaya data yang dientri harus benar-benar valid dan sama.

Jangan sampai ada yang berbeda antara entrian dapodik dengan yang berada di BKN. Meski hanya salah salam pengetikan nama saja, hal itu bisa berakibat fatal karena dianggap tidak sinkron.

Kekhawatiran aka adanya dampak dari integrasi data dapodik dan database BKN memang sudah terbukti saat ini.

Ada banyak sekali problem yang muncul setelah kebijakan tersesbut diimplementasikan. Hal ini membuat para guru menjadi khawatir, sebab berhubungan dengan proses validasi Tunjangan Profesi Guru khusunya dalam Penerbitan SKTP.

Tentu anda semua sangat tidak menginginkan apabila SKTP pada semester kali ini tida muncul bukan? Maka dari itu pastikan data anda benar-benar sudah valid.

Salah satu persolan yang muncul karena integrasi data dapodik dan database BKN ialah “NIP Ditemukan tapi Beda Identitas di BKN”.

Ini menjadi agak membungingkan memang, sebab jika NIP ditemukan seharusnya data di BKN harus sama. Namun dalam kenyataannya hal ini benar-benar terjadi.

Anda bisa melihat pada gambar yang ada di bawah ini, di situ terlihat bahwa NIP ditemukan, namun identitasnya tidak sama di BKN. (Perhatikanlah pada bagian namanya, ada perbedaan penulisan).

Cara Mengatasi NIP Ditemukan tapi Beda Identitas di BKN
Source: guru-id.com


Nah berkaitan dengn masalah tersebut, kali ini saya akan berbagai tips dan solusi mengenai Cara Mengatasi NIP Ditemukan tapi Beda Identitas di BKN.


Lalu bagaimana solusinya?

Solusi untuk mengatasi Cara Mengatasi NIP Ditemukan tapi Beda Identitas di BKN adalah dengan melakukan Verifikasi dan Validasi  (Verval) terhadap data yang berbeda.

Dalam hal ini kasusnya adalah kesalahan penulisan nama. Maka anda harus memperbaikinya sesegera mungkin.

Cara Perbaikan Nama


Untuk perbaikan data nama anda, ada harus melalui beberapa tempat berikut ini:

  • Di BKN, Data disesuaikan dengan Ijazah dan SK Guru Terkait
  • Di APLIKASI DAPODIK, Perbaikan Nama dilakukan dengan melalui Sistem Verval PTK
  • Di LPTK, Perbaikan Nama dengan melalui LPTK yang nanti diteruskan kepada Pusbangrodik


Catatan Penting:


Silahkan upload file data baik soft file dan hard file yang diperlukan untuk perbaikan data Nama Lengkap, tempat tanggal lahir yang ada pada sertifikat pendidik.

  • Adapun data yang harus anda upload adalah:
  • Sertifikat Pendidik GTK
  • Ijazah terakhir GTK
  • Form A1 GTK
  • Jadwal Mengajar pada Tahun Sertifikasi GTK tersebut.

Adapun link admin dinas untik melakukan perbaikan atau cek data dapat anda kunjungi melalui alamat website erikut: http://103.23.100.135:8080/admin/


Penutup


Dengan adanya integrasi data dapodik dengan database di BKN mengharuskan agar semua data sama dan valid.

Jika anda menemukan kesalahan data pada aplikasi dapodik, segera saja untuk diperbaiki. Karena hal itu bisa berakibat fatal pada data guru sebab bisa dinyatakan menjadi INVALID.

Apabila data dinyatakan INVALID maka besar kemungkinan SKTP guru tersbut tidak akan bisa terbit. Makanya perhatikan sebaik mungkin.

Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi NIP Ditemukan tapi Beda Identitas di BKN yang bisa saya sampaikan kepada anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi NIP Ditemukan tapi Beda Identitas di BKN"

Posting Komentar