Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika

Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika - Dalam artikel sebelumnya saya telah menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2018 akan terdapat jenis soal Isian Singkat untuk Mapel Matematika.

Terkait hal itu, tentunya kita semua bertanya-tanya bagaimana ya cara menjawab soal Isian tersebut?

Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika


Hal ini sangat wajar sekali mengingat penggunaan Isian singkat dalam UN baru pertama kali dilakukan, sehingga buruh penjelasan lebih lanjut.

Menindaklanjuti rencana tersebut, melalui situs resmi Kemendikbud Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Bapak Totok Suprayitno telah memberikan gambaran teknis pelaksanaannya.

Silahkan anda simak baik-baik ya kawan.....

Jumlah Soal Isian Singkat UN Mapel Matematika


Jumlah butir soal dalam isian singkat UN Mapel matematik adalah sebesar 10 persen dari total seluruh soal yang diujikan, yaitu empat butir soal.

“Terdapat 4 soal. Dari jumlah 40 soal hanya ada empat soal isian singkat. Kan dalam UN itu ada 40 soal, jadi 10 persen untuk isian singkat matematika, kata Totok Suprayitno.

Tujuan Soal Isian Singkat UN Mapel Matematika


Pembuatan Soal Isian Singkat dalam UN Mapel Matematika bertujuan supaya para peserta didik terbiasa untuk mencari jawaban dari pertanyaan. Bukan hanya memilih jawaban yang ada. Ini juga untuk menghindari kebiasaan peserta didik yang menjawab secara spekulatif.

Bobot Soal Isian Singkat UN Mapel Matematika


Menurut penjelasan Totok, para peserta didik tidak perlu khawatir dalam menghadapi UN matematika yang menggunakan isian singkat. Sebab untuk tingkat kesulitannya sama dengan soal Pilihan Ganda. Bagi peserta didik yang sekolahnya melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) maka akan mengerjakan isian singkat dengan tetap memakai komputer, bukannya tertulis menggunakan kertas.

“Untuk Scoring tetap memakai komputer. Soal ada di dalam komputer, dan cara menjawabnya juga melalui komputer, diketik. Ilustrasinya, contohnya saja 1 ditambah 2, maka siswa hanya perlu mengeetik (angka) 3,” jelas Totok.

Saat ini Balitbang Kemendikbud sudah menyiapkan aplikasi khusus yang berguna untuk penilaian jawaban isian singkat para peserta didik.  Karena ini pertama kali digunakan, maka untuk mempersiapkan mesinnya juga tidak mudah. Harus dilatih dahulu mesinnya.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika"

Posting Komentar