Siswa Bisa Mencetak SHUN Sendiri


Ada terobosan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbdud) terkait dengan Ujian Nasional (UN).

Mulai pada tahun 2018 ini Siswa bisa Mencetak Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) sendiri tanpa harus dicetak terlebih dahulu oleh pihak sekolah.

Siswa Bisa Mencetak SHUN Sendiri


Seluruh peserta Ujian Nasional, baik yang menggunakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) ataupun yang menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dapat mencetak hasil dari Ujian Nasionalnya atau Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) secara mandiri.

Hal tersebut berdasarkan penjelasan dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan KemdikbudBapak Totok Suprayitno di Jakarta pada Jumat (9/2/2018). Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan mempersiapkan laman untuk login khusus bagi peserta didik. Nantinya hanya peserta didik bersangkutan saja yang dapat mengakses sehingga tidak diperlukan langi tanda tangan basah.

Perlu anda ketahui UN untuk jenjang pendidikan SMK akan dilaksanakan pada tanggal 2 April sampai dengan 5 April 2018. Untuk jenjang pendidikan SMA/MA dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 12 April dan UN susulan SMK/SMA/MA pada 17 April hingga 18 April. Sementara, untuk SMP/MTs, UN akan diselenggarakan pada 23 hingga 26 April dan UN susulan untuk SMP/MTs pada 8 hingga 9 Mei.

Secara umum, pelaksanaan UN tahun ini tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mapel yang diujikan juga masih tetap sama.

Hanya saja pada tahun ini ada sedikit perbedaan di mana ada10 persen soal UN Matematika yang berbentuk isian.

Totok menjelaskan bahwa yang dimaksud isian ini berbeda dengan esai. Isian hanya berisi jawabannya saja, sedangkan esai berisi tentang penjabaran disertai dengan jawabannya.

Lalu bagaimanakah caranya Cetak Hasil UN (SHUN) Sendiri?

Mengenai cara mencetak Hasil SHUN oleh siswa akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya. Tepatnya ketika website khusus yang dibuat untuk mencetak SHUN ini benar-benar sudah dapat dipergunakan oleh para peserta didik.

Jadi saya harap anda bersabar dulu sebentar, karena pelaksanaan UN pun masih beberapa bulan ke depan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siswa Bisa Mencetak SHUN Sendiri"

Posting Komentar