Cara Backup dan Restore Data PMP


Cara Backup dan Restore Data PMP. Sobat Operator Dapodik di manapun anda berada, dalam proses pengisian data instrumen kuesioner Aplikasi Penjaminan Mutu (PMP) yang  sangat banyak kerap kali membuat pihak yang menginput terutama para operator sekolah harus mempunyai kesabaran ekstra tinggi.

Bagaimana tidak, untuk proses input data instrumen PMP untuk satu PTK saja harus menyelesaikan 500 kuesioner lebih. Itu baru satu PTK, belum PTK lain lagi. Belum data peserta didik, sekolah, komite, dan pengawas.



Bacup dan Restore Data PMP.



Tak bisa dibayangkan bukan, betapa sangat lama dan harus bersabar untuk menyelesaikan semua instrumen kuesioner PMP di sebuah sekolah. Tentu ketika pekerjaan tersebut selesai, pasti anda khususnya operator sekolah akan merasa lega selega-leganya.

Namun bagaimana jika setelah menyelesaikan semua proses input data PMP, tiba-tiba karena sebab tertentu laptop anda rusak dan harus instal ulang, padahal anda belum melakukan verifikasi dan pengiriman data PMP?

Tentu ini menjadi musibah tersendiri bagi para operator. Sebab jika di instal ulang, data di PMP akan hilang semua kendati sudah anda simpan. Nah, jika ini terjadi anda harus rela lembur hingga larut malam lagi untuk mengulang kembali proses entri data PMP dari awal.

Lantas, bisa tidak melakukan backup data PMP? Perlu anda ketahui, Aplikasi PMP hampir mirip dengan Dapodik. Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa guna mempermudah pengguna, termasuk adanya menu Backup dan Restore Data PMP.

Menu tersebut  dibuat untuk mengantisipasi terhapusnya data PMP yang sudah diinput. Sehingga operator tak perlu repot-repot mengulangi proses input data PMP yang melelahkan itu. Berikut ini Cara Backup dan Restore Data PMP:

Backup dan Restore Data PMP.

1. PC yang anda gunakan harus terkoneksi dengan internet. Maka dari itu anda perlu memastikannya dahulu.

2. Tekan Tabulasi menu Verifikasi & Kirim Data di sebelah kiri (Kotak Hijau)

3. Tekan Tombol Backup Data yang berada dalam kotak berwarna merah, setelah anda klik maa secara otomatis data akan diunduh (Kotak Hitam)

4. Apabila anda akan melakukan proses Restore Data, silahkan diulangi Tahap yang ada pada nomor 1 dan 2. Selanjutnya silahkan dipilih Menu Restore Data  yang berada pada Kotak berwarna biru

5. Kemudian anda akan diminta memasukkan file download hasil backup data PMP anda. Masukkan data tersebut dan klik OK

Catatan!!! Setiap selesai melakukan input data PMP sebaikanya anda melakukan Backup Data. Sehingga data PMP anda akan selalu terjaga. Ini merupakan upaya pencegahan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan aplikasi yang bisa mengakibatkan data PMP terhapus semua.

Sebab, sampai saat ini aplikasi PMP masih dalam pengembangan terus-menerus. Anda bisa melihat sendiri masih terdapat berbagai Bug aplikasi yang terdapat di dalamnya. Seperti kuesioner yang tidak muncul dan ada beberapa menu yang tidak bisa digunakan secara optimal.

Maka dari itu, backup terhadap data PMP menjadi sesuatu yang sangat penting. Mengingat untuk mengerjakan ulang aplikasi ini tentu dibutuhkan tenaga ekstra yang sangat melelahkan. Saya kira anda semua tak ingin mengulangi proses input kuesioner PMP.

Jika jumlah responden sedikit itu masih bisa diusahakan, tapi kalau jumlah responden yang siswanya mencapai ribuan, tentu ini menjadi persoalan sendiri. Apalagi data responden harus segera dikirim ke server pusat. Sebab ada batas maksimal pengiriman data, apabila terlambat maka data anda tidak akan masuk ke server pusat.

Demikian informasi mengenai Cara Backup dan Restore Data PMP yang bisa saya berikan kepada anda saat ini. Semoga bisa membantu dalam pengerjaan input data PMP.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

51 Responses to "Cara Backup dan Restore Data PMP"

  1. saya udah backup data sesuai petunjuk setelah saya restor data tidak masuk ke server lagi gmana cara mengembalikan data kuisoner lagi

    BalasHapus
  2. sudah..tetep ga mau juga ....sah koneksi internet juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menu Backup dan Restore merupakan salah satu Bug (Kesalahan) jadi belum bisa digunakan maksimal. tunggu perbaikan di versi terbarunya.

      Hapus
    2. kalo memang belum final seharusnya operator jangan dijadikan kelinci percobaan... kasiahan udah lembur sampai larut malam.... udah ngisi instrumen segitu banyak giliran mo kirim nggak bisa... instal ke versi lebih tinggi restore ga bisa dipakai.... apakah sebelum rilis aplikasinya nggak di uji dahulu?????

      Hapus
    3. Idealnya sih begitu pak. Saya juga termasuk operator yang harus menginput dua kali. Semoga segera diperbaiki

      Hapus
  3. maaf pak saya mau tanya kok kuisioner untuk pengawas dan komite tidak lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menu Backup dan Restore merupakan salah satu Bug (Kesalahan) jadi belum bisa digunakan maksimal. tunggu perbaikan di versi terbarunya.

      Hapus
    2. Iya pak, itu juga salah satu Bug (Kesalahan) aplikasi. Semuanya juga gitu. Semoga di update selanjutnya diperbaiki

      Hapus
    3. Hal yg sama, bagaimana solusinya itu ?

      Hapus
    4. Saya sudah update k 1.4 PMP'nya namun maslahnya ketika akan di kirim tidak terkirim2 terus. masih muter dan berjalan2 terus tak ada keterangan terkirim. selama 1 jam saya biarkan begitu. tak terkirim juga. terus sya coba back up namun keterangannya error karena penuh memory maksudnya ini kenapa? adakah solusi yang tepat supaya bisa sukses terkirim tanpa kendala?

      Hapus
    5. MR. IIP perlu diketahui APlikasi PMP memang belum sempurna termasuk diproses pengiriman data. Semuanya mengalami hal yang anda alami.biasanya data tersebut sudah terkirim, untuk dapat melihatnya silahkan lihat di progress pengiriman data PMP. Trimakasih

      Hapus
  4. pny saya juga tidak bisa masuk saat restore data...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menu Backup dan Restore merupakan salah satu Bug (Kesalahan) jadi belum bisa digunakan maksimal. tunggu perbaikan di versi terbarunya.

      Hapus
  5. aku kirim data kok lama banget ya udah 15 menit nggak kelar2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang seperti itu, itu salah satu Bug (kesalahan) aplikasi. biarkan saja dan lihat di progres pengiriman, biasanya otomatis terkirim

      Hapus
  6. saya mau menambah pengguna di apl.PMP seperti komite dan pengawas tetapi tidak bisa di SAVE,pada biodata nya sdah lengkap saya isi..telah berulangkali saya coba tetapi tetap gagal.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara pngisian biodatanya mungkin ada yg keliru, terutama dibagian tanggal lahir

      Hapus
  7. saya mau menambah pengguna di apl.PMP seperti komite dan pengawas tetapi tidak bisa di SAVE,pada biodata nya sdah lengkap saya isi..telah berulangkali saya coba tetapi tetap gagal.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak to? sebelumnya tidak ada kasus seperti ini lo. Pastikan PMP yang anda instal berasal dari aplikasi, bukan dari patch

      Hapus
  8. Jadi gimana solusinya buat yang restore data tapi masih tidak ada?

    BalasHapus
  9. Bagaimana bila kuisoner komite tdk lengkap ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tidak bisa melakukan kirim data pak. harus dilengkapi dulu

      Hapus
  10. wah terpaksa ngulang lagi saya ngisi nya!

    BalasHapus
  11. Ini gmna klo g bs restore??masa kerja berkali2,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di update ke versi 1.4 kah?

      Hapus
    2. Saya sudah pake versi 1.4
      tetapi saat Backup tetap kosong

      Hapus
  12. saya kirim data ko muter-muter terus tdk ada keterangan terkirim pdhl sampai 6 jam, tak cek di progress pengriman jg belum masuk sdh 3 hri lebih kenapa ya...mohon solusinya?

    BalasHapus
  13. komputer saya sudah 10 hari gak mati gara2 kirim PMP, tapi tidak ada tanda2 terkirim,. saya harus gimana,.????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan. lihat di progress pengiriman data. biasanya sudah masuk dan terkirim

      Hapus
  14. sama punya saya juga muter terus tanpa ada tempat untuk parkir terkirim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami juga demikian Bos.... Sejak tgl 10 Oktober hingga saat ini belum berhasil Upload.

      Restore juga gak bisa. Mesti gagal.

      Hapus
  15. Ga bisa dibakup, yg keluar
    whoops,looks like something went wrong
    Outmemory Exception:Error:Allowed memory sinetron off 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 16889269 byter) ini C:Program File

    Mohon penjelasannya, terimakasih

    BalasHapus
  16. Saya juga mengalami kesulitan.setiap saya kirim malah lgsg gagal.dan mau saya backup keteranganya FALSE

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang pengiriman pmp di jadwal per provinsi pak. lw ngirimnya sesuai jadwal lancar

      Hapus
  17. saya pas mau salin ptk ko keterangannya data sudah tersimpan di datbase PMP..gmn untuk mengembalikannya?mohon solusinya..mksh

    BalasHapus
  18. mau pake pmp versi 1.5 tapi setelah di backup data nya tapi jawabannya malah kayak gini :
    Whoops, looks like something went wrong.
    1/1 OutOfMemoryException: Error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 16502225 bytes) in C:\Program Files\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\KirimData.php line 0

    MOHON SOLUSINYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Isnawati masalah yang anda alami itu karena memori PC anda tidak muat untuk diinstal PMP terbaru. Memangnya memori PC anda berapa ya?

      Hapus
  19. waduh admin aku udah sinkron dari tanggal 21 november tapi sampai sekarang gagal trus bagaimana solusinya sekarang aku udah pake versi 1.5. semua responden udah di konfirmasi 6 guru/ptk 1 pengawas. 1 komite dan semua siswa yang aktif di dapodik sebanyak 79 siswa lalu masalahnya apa sehingga gagal trus padahal koneksi internetnya bagus dan terhubung tapi begitu klik kirim palingan jalan 1 menit muncul data gagal dikirim...apa batas tgl 20 nov 2016 tidak ada perpanjangan lagi atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba lihat datanya diprogres pengiriman kah?

      Hapus
  20. apa solusi kalau saya mau back up data pmp v 1.5 selalu muncul seperti ini : {"status":false,"pesan":"Gagal membuat file backup. Mohon dicoba beberapa saat lagi"}.apa solusinya adamin. terima kasih

    BalasHapus
  21. Saya mengirim terus sampai sebulan tapi g bisa terkirim dan tidak ada laporan terkirim, dan data tidak bisa di back up.kemudian saya instal ulang aplikasi PMP-a, kemudian saya cek di beranda dapodikdasmen.com sudah terkirim...kemudian sya mau back up datanya, gimana ya,...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting data sudah masuk di progres data. silahkan backup saja, tidak masalah

      Hapus