Panduan Menggunakan Aplikasi PMP

Panduan Menggunakan Aplikasi PMP. Sobat operator dapodik, aplikasi penjaminan mutu pendidikan (PMP) memang cukup membuat banyak pihak penasaran. Sebab sampai pada saat ini, pihak LPMP sebagai penanggungjawab aplikasi ini belum juga mengeluarkan manual aplikasi yang akan menjadi pedoman pengisian data.

Hal ini memang sangat wajar, mengingat pengisian data PMP sangat berbeda jauh dengan Dapodik. Meskipun keduanya saling terintegrasi satu sama lain. Artinya, aplikasi PMP hanya bisa digunakan ketika diinstal ke dalam PC yang juga digunakan untuk aplikasi Dapodik.

Panduan Menggunakan Aplikasi PMP
Panduan Menggunakan Aplikasi PMP.

Jika dalam dapodik, operator hanya perlu menginput data yang diminta dalam sistem maka di Aplikasi PMP tidak begitu. Semua komponen responden PMP harus mengerjakan dan mengisi setiap kuesioner. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, mencapai sekitar 500 pertanyaan.

Mengapa sampai sebanyak itu? Sebab aplikasi ini memang dibuat untuk menilai mutu di satuan pendidikan. Mutu pendidikan sendiri baru bisa nilai ketika semua hal yang menyangkut kegiatan pendidikan di sekolah sudah dipenuhi. Semua hal tersebut, meliputi Kurikulum, Kegiatan Siswa, Sarana Prasarana, Kualitas Guru hingga Budaya Sekolah.

Banyaknya data dan belum diluncukannya manual aplikasi, membuat banyak operator kebingungan. Ini bisa dilihat dari berbagai forum operator di berbagai media sosial. Terutama di FB, banyak dari kawan-kawan pahlawan data yang bertanya berbagai hal terkait dengan aplikasi PMP ini.

Apa sih yang membuat banyak operator kebingungan? Kegalauan tema-teman operator sebenarnya cukup banyak, namun di antara yang paling sering ditanyakan adalah mengenai cara pengisian kuesioner Aplikasi PMP. Sebab banyak sekali kuesioner yang harus diisi oleh masing-masing responden.

Untuk menjawab kebingungan teman-teman operator, sembari menunggu rilisnya manual penggunaan aplikasi saya akan menjelaskan sedikit tentang cara menggunakan PMP. Harus difahami terlebih dahulu, ada 5 komponen responden yang harus mengisi kuesioner PMP di setiap sekolah. Mereka adalah Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik.

Semua responden harus mengisi data kuesioner. Ketika sedang mengisi setiap butir pertanyaan, para responden wajib memahami aturan dan tata cara pengisian yang benar. Supaya data yang dijawab ke dalam kuesioner benar-benar valid. Untuk memberi pemahaman kepada anda semua, berikut ini saya menuliskan Panduan Menggunakan Aplikasi PMP:

1. Instal Aplikasi Dapodik 2016a di PC anda. Jika aplikasi yang digunakan masih versi lama maka harus segera diupdate

2. Instal Aplikasi PMP versi 1.2 di PC yang anda gunakan untuk instalasi Dapodik. Mengapa demikian? sebab aplikasi PMP dan Dapodik memang terintegrasi. Apabila PMP diinstal pada PC tersendiri maka otomatis tidak akan bisa berjalan.

3. Update Aplikasi PMP ke versi 1.3. Saat ini aplikasi PMP versi terbaru adalah 1.3. untuk bisa megupdate ke versi ini anda perlu menginstal versi 1.2 dahulu. Sebab untuk versi terbaru ini hanya tersedia updater saja

4. Salin Data Peserta Didik dan PTK. Setelah berhasil diinstal, hal yang pertama kali wajib dilakukan adalah Menyalin data Peserta Didik dan PTK. Caranya silahkan masuk ke Tabulasi Menu Manajemen Pengguna

5. Tambah Data Pengguna. Untuk jenis responden Pengawas dan Komite anda harus melakukan penambahan data secara manual. Caranya masuk ke Tabulasi Menu, klik Tambah Pengguna kemudian isi data pengguna baru tersebut.

6. Isi Data kuesioner PMP.  Anda bisa memulai dari data Kepala Sekolah, Siswa, Guru Pengawas dan Komite Sekolah. Data responden yang diinput harus memenuh standar minimal yang telah ditentukan.

Catatan Penting. Untuk mengakses pengguna jenis responden Kepala sekolah harus  login menggunakan akun operator PMP ataupun Dapodik. Untuk guru bisa menggunakan fasilitas Tukar pengguna atau memasukkan email dan password masing-masing. Sementara bagi responden siswa, dapat login juga melalui menu Tukar Pengguna atau dengan memasukkan username dan password dengan menginput NISN.

Demikianlah informasi mengenai Panduan Menggunakan Aplikasi PMP yang bisa sayya sampaikan pada saat ini. Semoga bisa membantu anda dalam mengerjakan dan mengisi semua data kuesioner PMP. Ingat!!! Isilah setiap data dengan baik dan benar, sebab validitas data itulah yang nantinya akan diteliti dengan benar oleh pusat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Panduan Menggunakan Aplikasi PMP"

  1. gan kalau di bagian managemen pengguna tidak muncul PTK dan PD padahal sudah salin PTK dan PD...itu masalahnya di mana ya gan...thanks

    BalasHapus