RPP 1 Lembar Kelas 3 SD/MI

Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi mengenai RPP 1 Lembar Kelas 3 SD/MI kepada anda semuanya.

Ini merupakan kelanjutan dari file RPP Kelas 1 dan Kelas 2 yang sudah saya bagikan dalam artikel sebelumnya.

RPP 1 Lembar Kelas 3 SD/MI


RPP 1 lembar ini sesuai dengan format yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Jadi anda tidak perlu berfikir ulang mengenai format rencana pembelajaran terbaru sesuai arahan pemerintah.

Selain itu anda juga bisa mengeditnya sesuai dengan keinginan karena file dari RPP ini dibuat dalam Microsoft Word. Adapun contohnya sebagai berikut :

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             : 
Kelas / Semester                 :  III /Genap
Tema 5                                  :  CUACA
Sub Tema  1                         :  Keadaan Cuaca
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                       :  1 hari

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar.
2.     Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.
3.     Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.
4.     Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh menggunakan benda konkret.
5.     Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti

(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Membaca
·        Siswa Membaca bacaan tentang keadaan cuaca di buku siswa.
·        Guru bertanya jawab dengan siswa tentang keadaan cuaca. (Communication and Collaborative)
Ayo Mengamati
·      Siswa menonton video siaran televisi tentang prakiraan cuaca atau mengamati gambar keadaan cuaca.
·      Guru dan siswa mengamati gambar bersama dan menyampaikan simbol-simbol yang ada
·      Siswa berdiskusi dan mencari jawaban yang tepat mengenai gambar keadaan Cuaca yang ada. (Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Menulis
·      Siswa mencermati cuaca apa yang dominan terjadi selama 5 hari ini? Apakah hujan, cerah, berawan, mendung, atau lainnya. (Critical thinking and Problem Solving)
Ayo Berlatih
·         Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang pecahan sederhana.
·         Siswa berlatih menuliskan bilangan pecahan sederhana mulai dari seperdua, seperempat, seperenam dan seperdelapan sesuai dengan lambang pada gambar
Ayo Bernyanyi
·        Siswa dikenalkan dengan lagu Ambilkan bulan bu.
·        Siswa mengidentifikasi kondisi cuaca yang ada pada teks lagu.
·        Siswa mengamati guru menyanyikan lagu ambilkan bulan bu.
·        Siswa mencermati tinggi rendah irama pada lagu.
·        Jika ada tanda   artinya menyanyi dengan bunyi pendek.
·        Jika ada tanda   artinya menyanyi dengan bunyi panjang.
·        Siswa diminta tampil menyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu di depan kelas bersama kelompoknya (Collaborative)
Kerja Sama dengan Orang Tua
·      Orang tua bersama siswa memperhatikan prakiraan cuaca. Berdiskusi mengenai keadaan cuaca didaerahnya pada hari itu.
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Kelas



………………………………
NIP………………………….

  

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 SD/MI

Silahkan unduh filenya di bawah ini :

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Download RPP 1 Lembar Kelas 3 SD/MI yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel