RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI

Pada artikel kali ini saya akan membagikan file yang berisikan RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI kepada anda semuanya secara gratis.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari file RPP kelas 1, 2 dan 3 yang telah dibagikan pada artikel sebelumnya.

RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI

File RPP ini bisa anda jadikan sebagai panduan pembuatan RPP 1 lembar yang sekarang ini digunakan oleh semua jenjang sekolah.

Dibuat dalam Microsoft Word, RPP ini bisa anda unduh dan edit sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda masing-masing.

Adapun contoh dari RPP tersebut adalah sebagai berikut :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                             :  Lingkungan Tempat Tinggalku  (Subtema 1)
Muatan Terpadu                  :  IPA, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                       :  1 hari

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
2.   Dengan kegiatan berlatih menceritakan kembali teks cerita fiksi, siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
3.   Dengan kegiatan mencari tahu pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi.
4.   Dengan kegiatan mengamati gambar anak menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
5.   Dengan berdiskusi tentang perbedaan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak.
6.   Dengan mendorong dan menarik meja, siswa dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.
7.   Dengan kegiatan menulis hasil percobaan mendorong dan menarik meja, siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis.


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahuluan
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    10
    menit
Kegiatan
Inti
AYO MEMBACA
v Siswa membaca cerita Asal Mula Telaga Warna di dalam hati. (Literasi)
v Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa. (Hots)
v siswa membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
Ayo Berlatih
v Siswa bercerita di depan teman-temannya dengan suara nyaring, artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan percaya diri. (Communication)
Ayo Berdiskusi
v  Guru menjelaskan bahwa cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan salah satu contoh teks fiksi berupa cerita. Teks cerita fiksi adalah teks berupa cerita yang sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita tersebut dapat merupakan hasil imajinasi pengarang ataupun yang pernah terjadi di dunia nyata lalu diolah oleh pengarang sehingga menghasilkan cerita rekaan.
v  Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya.
v  Siswa menjawab pertanyaan teman atau kelompok lain sesuai pengetahuan dan pemahamannya.
Ayo Mengamati
v  Siswa diminta mengamati gambar.
v  Siswa diminta membaca pengertian gaya dan gerak pada buku siswa.
v  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang pengertian gaya dan gerak jika belum paham. (Hots)
Ayo Mencoba (Sintak Model Discovery Learning)
v Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya tarikan dan dorongan terhadap arah gerak benda. (Critical Thingking and Problem Solving)
v Percobaan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas tiga anak. (Collaboration)
Ayo Menulis
v siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan.(Hots)
Ayo Berdiskusi
v Siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya tentang perbedaan gaya dan gerak. (Critical Thingking and Problem Solving)
v Selanjutnya, siswa diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain. (Communication)
    150
    menit
Kegiatan
Penutup
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit

Download RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI

Adapun file RPP tersebut bisa anda unduh di bawah ini :

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Baca juga : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel