RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI
Pada artikel kali ini saya akan membagikan file yang berisikan RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI kepada anda semuanya secara gratis.
Artikel ini merupakan kelanjutan dari file RPP kelas 1, 2 dan 3 yang telah dibagikan pada artikel sebelumnya.
File RPP ini bisa anda jadikan sebagai panduan pembuatan RPP 1 lembar yang sekarang ini digunakan oleh semua jenjang sekolah.
Dibuat dalam Microsoft Word, RPP ini bisa anda unduh dan edit sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda masing-masing.
Adapun contoh dari RPP tersebut adalah sebagai berikut :
Baca juga :
Artikel ini merupakan kelanjutan dari file RPP kelas 1, 2 dan 3 yang telah dibagikan pada artikel sebelumnya.
File RPP ini bisa anda jadikan sebagai panduan pembuatan RPP 1 lembar yang sekarang ini digunakan oleh semua jenjang sekolah.
Dibuat dalam Microsoft Word, RPP ini bisa anda unduh dan edit sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda masing-masing.
Adapun contoh dari RPP tersebut adalah sebagai berikut :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
Kelas
/ Semester : 4 /2
Tema : Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema : Lingkungan
Tempat Tinggalku (Subtema 1)
Muatan Terpadu : IPA,
Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke : 1
Alokasi
waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan membaca
teks cerita fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi
dengan tepat.
2.
Dengan kegiatan berlatih
menceritakan kembali teks cerita fiksi, siswa dapat bercerita dengan artikulasi
jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
3.
Dengan kegiatan mencari
tahu pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan secara
lisan pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi.
4.
Dengan kegiatan mengamati
gambar anak menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian
gaya dan gerak dengan benar.
5. Dengan berdiskusi tentang perbedaan gaya dan
gerak, siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak.
6. Dengan mendorong dan menarik meja, siswa
dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.
7. Dengan kegiatan menulis hasil percobaan
mendorong dan menarik meja, siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya
dan gerak secara tertulis.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
AYO MEMBACA
v
Siswa membaca cerita Asal Mula Telaga Warna di dalam hati. (Literasi)
v
Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa. (Hots)
v
siswa membahas jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
Ayo Berlatih
v Siswa bercerita di depan teman-temannya dengan suara
nyaring, artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan percaya diri. (Communication)
Ayo Berdiskusi
v Guru menjelaskan bahwa cerita Asal Mula Telaga Warna
merupakan salah satu contoh teks fiksi berupa cerita. Teks cerita fiksi
adalah teks berupa cerita yang sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita
tersebut dapat merupakan hasil imajinasi pengarang ataupun yang pernah
terjadi di dunia nyata lalu diolah oleh pengarang sehingga menghasilkan
cerita rekaan.
v Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi
tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya.
v Siswa menjawab pertanyaan teman atau kelompok lain
sesuai pengetahuan dan pemahamannya.
Ayo Mengamati
v Siswa diminta mengamati gambar.
v Siswa diminta membaca pengertian gaya dan gerak pada
buku siswa.
v Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan
tanya jawab tentang pengertian gaya dan gerak jika belum paham. (Hots)
Ayo Mencoba (Sintak Model Discovery Learning)
v Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh
gaya tarikan dan dorongan terhadap arah gerak benda. (Critical Thingking
and Problem Solving)
v Percobaan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap
kelompok terdiri atas tiga anak. (Collaboration)
Ayo Menulis
v siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada
buku siswa berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan.(Hots)
Ayo Berdiskusi
v Siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya tentang
perbedaan gaya dan gerak. (Critical Thingking and Problem Solving)
v Selanjutnya, siswa diminta mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya di depan kelompok lain. (Communication)
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
Download RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI
Adapun file RPP tersebut bisa anda unduh di bawah ini :SIMPAN FILE
Demikianlah informasi mengenai RPP 1 Lembar Kelas 4 SD/MI yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.Baca juga :