RPP 1 Lembar Kelas 1 SD MI (Lengkap)

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah file yang berisikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2.

RPP ini dibuat dalam Microsoft Word sehingga akan sangat mudah sekali anda unduh dan edit sesuai dengan kebutuhan.

RPP 1 Lembar Kelas 1 SD MI (Lengkap)


Seperti yang anda ketahui bahwa Mendikbud telah membuat terobosan baru dalam dunia pendidikan Indonesia.

Terutamanya pada pembuatan perangkat pembelajaran guru yang selama ini kita ketahui sangat banyak sekali.

Kini guru bisa sedikit bernafas lega lantaran RPP tidak lagi berpuluh-puluh halaman. Melainkan cukup dengan 1 lembar saja.

Dengan begini tentu akan mempermudah kinerja guru, sehingga mereka bisa fokus mengajar di dalam kelas.

RPP 1 Lembar Kelas 1 SD MI

Adapun contoh RPP tersebut adalah sebagai berikut :

Satuan Pendidikan :

Kelas / Semester :  1 /2

Tema                        :  Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku (Tema 7)

Sub Tema                :  Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu :  B Ind, PPKn, SBdP

Pembelajaran ke :  1 (Satu)

Alokasi waktu              :  1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.

2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.

3. Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda  di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.

4. Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.

5. Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.

6. Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan  kosa  kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.

7. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan  simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

8. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi

Waktu

Pendahuluan Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) 10

menit

Kegiatan

Inti (Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Bernyanyi

Siswa mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan..(HOTS)

Siswa berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”(Creativity and Innovation)

Siswa memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.

Siswa berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berlatih

Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup.(HOTS)

Siswa mengamati berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.(Ctreativity and Innovation)

Siswa mengidentifikasi keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang diberikan.(HOTS)

Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.(Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati

Siswa Mengikuti lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.(Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih

Siswa mengamati contoh mendeklamasikan sila ke-4.

Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4 secara bergantian. 150

menit

Kegiatan

Penutup Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri) 15

menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 SD/MI

Langsung saja silahkan unduh filenya di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai RPP 1 Lembar Kelas 1 SD/MI yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel