100+ Soal PPPK Guru SD Materi IPS dan Jawabannya | Part 2
Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 100+ Soal PPPK Guru SD Materi IPS dan Jawabannya | Part 2 kepada anda semuanya.
Silahkan simak di bawah ini :
16. Lingkungan sekitar, merupakan salah satu sumber yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPS di SD, karena pada hakekatnya lingkungan sekitar merupakan ....
A. sumber konsep dan pengalaman
B. tempat aktivitas manusia
C. tempat penerapan teori ilmu sosial
D. habitat yang perlu dijaga harmonisasinya
E. tempat berkembangnya budaya manusia
Jawaban : A
17. Dampak negatif sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tentu tidak dapat dihindari, namun dapat dieliminir sekecil mungkin. Untuk itu dalam pembelajaran IPS di SD perlu ....
A. memahamkan pengaruh negatif tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
B. menekankan sisi negatifnya, agar siswa terhindar dari pengaruh dampak yang negatif
C. menekankan manfaat positifnya, dengan tidak menghiraukan dampak negatifnya
D. mengarahkan siswa agar dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya
E. menanamkan kesadaran secara sistemik kepada siswa sedini mungkin tentang dampak negative
Jawaban : E
18. Dalam pembelajaran IPS di SD, sering dikembangkan contoh-contoh nyata dalam bermasyarakat yang baik dan dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya. Sebab pada hakikatnya pembelajaran IPS di SD merupakan pembelajaran....
A. bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
B. tentang masyarakat sekitar yang heterogin
C. untuk fungsi pengembangan civic education
D. tentang penerapan good citizenship education
E. tentang alam dan lingkungan yang harmonis
Jawaban : A
19. Pembelajaran IPS yang dimulai dengan Guru menjelaskan pengetahuan tentang alat peraga pemilu, seperti kartu suara, gambar peserta pemilu, kontak suara yang dilanjutkan dengan peragaan dalam prosedur pelaksanaan pemilu, mulai dari pendaftaraan, dapat surat suara, masuk bilik coblosan, lalu memasukkan lipatan surat suara ke dalam kotak suara lalu keluar. Guru tersebut sedang menerapkan model pembelajaran....
A. kontekstual
B. langsung
C. kooperatif
D. demonstrasi
E. discovery
Jawaban : B
20. Pernyataan yang benar terkait contoh susuna fakta, konsep dan generalisasi secara sistematis dalam pembelajaran IPS di SD ditunjukkan pada….
A. gerakan Organisasi Papua Merdeka, gerakan Aceh Merdeka, dan gerakan Republik Maluku Selatan
B. propinsi Papua Barat, Ibu Kota Propinsi Papua Barat, dan Jayawijaya kota teramai di pulau Papua
C. grafik permintaan dan penawran, jual beli komidoitas pertanian, dan pasar tempat transaksi jual beli
D. asosiatif sebagai bentuk interaksi sosial,perang yang tak berkesudahan, konflik antar etnis di Uganda.
E. provinsi Papua Barat, provinsi di Indonesia bagian timur, umbi-umbian adalah makanan pokok penduduknya
Jawaban : E
21. Pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945, memerlukan aturan teknis yang mempermudah penerapannya. Petunjuk pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945 ini dikenal dengan nilai ….
A. budaya bangsa
B. pragmatis
C. praktis
D. instrumental
E. fundamental
Jawaban : D
22. Yang bukan mencirikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki ketahanan mental dan kekuatan moral di dalam struktur sejarah peradaban dan kebudayaan global dewasa ini adalah….
A. mudah tergoda oleh pesona keunggulan dan kemajuan bangsa asing dalam membangun karakter maupun sarana dan prasarana
B. memelihara peninggalan aneka ragam seni budaya yang berfungsi menjadi media pesan moral di masanya
C. mengkaji kembali kitab kuno yang berisi ajaran sebagai kumpulan ilmu pengetahuan dan sumber kebijakan
D. membangun gedung dengan arsititektur yang mengandung nilai keadiluhungan bangsa Indonesia dari masa ke masa
E. mempromosikan keunikan seni, budaya dan adat-istiadat bangsa Indonesia yang memiliki keunggulan kompetitif.
Jawaban : A
23. Lingkungan alam dan lingkungan sosial sekitar merupakan sumber belajar IPS yang sangat penting karena memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik. Rancangan pembelajaran IPS yang menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk memahami benda-benda dan fenomena di sekitarnya dapat dilakukan dengan metode pembelajaran inquiry. Dalam metode tersebut guru memiliki peran yang sangat penting sebagai….
A. fasilitator yang menunjukkan dan mengarahkan apa yang harus dilakukan oleh peserta didik di dalam lingkungan
B. menejer yang mengatur dan mengelola sumber belajar, waktu, dan mengorganisir kelas dalam kegiatan belajar di dalam lingkungan
C. administrator yang bertanggung jawab terhadap kegiatan di lingkungan sekitar sekolah
D. motivator yang memberikan rangsangan kepada siswa agar dapat berfikir dengan aktif dan kreatif untuk mempelajari benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
E. sumber informasi yang memberikan penjelasan dan informasi berkaitan dengan fenomena yang ada di lingkungan
Jawaban : A
24. Ibu Suti adalah seorang guru SD yang mengajar IPS di kelas V di SDN Ciputat 7 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Pada pembelajarannya di kelas Ibu Suti memberikan kartu yang berisi pertanyaanpertanyaan dan kartu-kartu lainnya berisi jawaban. Langkah berikutnya adalah Ibu Suti membagi kelas menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok pembawa kartu-kartu berisi pertanyaan-pertanyaan, kelompok kedua adalah kelompok pembawa kartu-kartu berisi jawaban-jawaban, sedangkan kelompok ketiga adalah kelompok penilai. Dilihat dari proses pembelajarannya Ibu Suti telah melaksanakan model .…
A. mencari kesamaan konsep
B. bertukar pasangan
C. menyatukan gagasan/ide
D. merumuskan jawaban
E. mencari pasangan
Jawaban : E
25. Untuk mengajarkan siswa materi “Peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha” secara langsung dapat dilakukan oleh guru dengan cara….
A. membawa gambar peninggalan sejarah di kelas
B. melakukan studi lapangan ke situs sejarah
C. menggunakan media film documenter sejarah
D. membuat replika peninggalan sejarah
E. menonton film kolosal di bioskop
Jawaban : B
26. Jika guru IPS akan mengajarkan materi tentang keterampilan mengidentifikasi pergerakan matahari dan pengaruhnya pada musim di Indonesia, maka media pembelajaran berbasis IT yang utama adalah….
A. Peta benda-benda langit
B. google map berbasis android
C. peta tematik berbasis android
D. peta buta berbasis multi media
E. animasi tentang revolusi bumi
Jawaban : C
27. ujuan utama pembelajaran IPS adalah menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik dalam kehidupan masyarakat majemuk yang demokratis. Oleh karenanya materi pembelajaran IPS seharusnya memberikan pengetahuan yang kontekstual yaitu….
A. menyajikan pengetahuan, fakta dan fenomena yang sesuai dengan materi, tujuan pembelajaran serta sesuai dengan konteks sosial budayanya
B. menyajikan pengetahuan, fakta, dan fenomena terkini sehingga peserta didik memiliki pengetahuan up to date
C. menyajikan pengetahuan, fakta, dan fenomena yang aktual sehingga peserta didik memahami perkembangan masyarakat
D. memberikan perspektif yang baru tentang pengetahuan, fakta, dan fenomena kehidupan masyarakat yang modern
E. menyajikan masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat modern dan dinamis sehingga peserta didik tanggap terhadap perubahan dan modernitas
28. Pendidikan IPS SD memuat banyak nilai antara lain: nilai edukatif, nilai ketuhanan, filosofis dan praktis. Untuk mengembangkan nilai praktis bagi peserta didik maka pembelajaran IPS sebaiknya diarahkan untuk ….
A. mengatasi masalah kerukunan antar umat beragama dan toleransi beragama bagi siswa.
B. mampu mengatasi masalah kehidupan di masyarakat secara tuntas dan bijaksana;
C. pengembangan nilai-nilai luhur dan intelektual yang berkembang pada diri siswa.
D. pengembangan nilai sosial, nilai budaya dan nilai spiritual di lingkuan sekitar siswa.
E. mengembangkan gagasan, ide dan menilai norma yang berlaku dalam berbudaya bagi siswa.
Jawaban : B
29. Dalam perkembangan kehidupan masyarakat yang semakin maju dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat canggih, maka agar peserta didik memahami fenomena dan fakta-fakta yang ada di lingkungan sekitarnya, pembelajaran IPS SD perlu menggunakan pendekatan ...
A. konstruktivisme karena peserta didik dituntut mampu mengkonstruk pengetahuan secara mandiri serta menggunakan ketrampilan kognitifnya
B. ketrampilan proses untuk menumbuhkembangkan ketrampilan memahami suatu proses dan tidak semata-mata berorientasi pada hasil
C. kontekstual agar peserta didik dapat memaknai materi secara komprehensif sesuai dengan lingkungannya
D. kooperative sehingga peserta didik mampu bekerjasama dengan orang lain dalam lingkungan masyarakat yang plural dan demokratis
E. pendekatan meluas yang memberikan perspektif dan paradigma yang luas sehingga terbuka terhadap perkembangan dan kemajuan
Jawaban : C
30. Lokasi sekolah yang berada di dekat pasar sangat mendukung untuk dipergunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran IPS khususnya tentang ....
A. bentuk dan kontur permukaan bumi
B. kegiatan memenuhi kebutuhan
C. interaksi manusia di masa lampau
D. lembaga-lembaga ekonomi moderen
E. kegiatan jual beli secara langsung
Jawaban : E
Sebelumnya : 100+ Soal PPPK Guru SD Materi IPS dan Jawabannya | Part 1