Soal PPKn Kelas 12 : Generasi Solutif Mengatasi Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini adamin akan berbagi Soal PPKn Kelas 12 Materi Generasi Solutif Mengatasi Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban beserta Jawabannya kepada anda semua.

Simak di bawah ini :


1. Jaminan HAM di Indonesia di mana bangsa Indonesia merupakan bagian dari masyarakat dunia secara idiil terdapat dalam ….

A. sila ke-1 Pancasila

B. sila ke-2 Pancasila

C. sila ke-3 Pancasila

D. sila ke-4 Pancasila

E. sila ke-5 Pancasila

Jawaban : B


Nomor 2 sampai 5 berdasarkan gambar berikut!


2. Perhatikan gambar perilaku di atas. Secara kasat mata, perbuatan menyalin dengan/atau tanpa paksaan merupakan perbuatan yang melanggar HAM. Namun, perilaku kasar pada gambar bertentangan dengan pasal ...

A. 28G ayat (2) Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain.

B. 28H ayat (1) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

C. 28H ayat (2) Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

D. 28H ayat (3) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

E. 28H ayat (4) Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak milik tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenang-wenang oleh siapa pun.

Jawaban : E


3. Jika dianalisis berdasarkan Pasal 28C ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 yang berisi “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia”. Peristiwa pada gambar di atas mengindikasikan bahwa ….

A. pelaku penyontekan telah memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi dari yang dinyonteki sebagai hak asasinya

B. pengembangan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasar pelaku penyontekan telah tercapai karena terbantu dari sontekannya

C. korban penyontekan mendapat pendidikan dari pengembangan diri melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologinya

D. atas persetujuan orang yang dinyonteki, pelaku penyontekan dapat memenuhi kebutuhan dasarnya demi meningkatkan kualitas hidupnya

E. korban penyotekan tidak mendapatkan hak mengembangkan diri demi meningkatkan kualitas hidupnya atas manfaat dari ilmunya

Jawaban : E


4. Jika merasa dirugikan atas peristiwa penyontekan, siswa dapat mengadukan pelanggaran hukum atas haknya untuk dilindungi sebagai warga negara yang sama di hadapan hukum, sesuai yang termaktub dalam UUD NRI Tahun 1945 pasal ...

A. 28D ayat (1) Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

B. 28D ayat (2) Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.

C. 28D ayat (3) Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.

D. 28D ayat (4) Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.

E. 28E ayat (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.

Jawaban : A


5. Pada gambar di atas, terdapat unsur paksaan agar memberikan sontekan. Hal ini bertentangan dengan Pasal 28G ayat (1) yang berisi ...

A. Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

B. Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.

C. Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi.

D. Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

E. Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

Jawaban : C


Soal 6 dan 7 berdasarkan gambar berikut!

6. Dalam Pasal 28J ayat (1) yang berisi “Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”. Gambar di atas mengindikasikan sebuah peringatan pada perilaku masyarakat Indonesia yang berkenaan dengan HAM, yaitu ....

A. dilarang menggunakan kendaraan yang mengeluarkan suara

B. kendaraan yang laik jalan dapat memenuhi HAM untuk hidup tertib

C. setiap yang memiliki kendaraan harus menggunakan kendaraan yang memiliki knalpot

D. adanya larangan bagi yang memiliki kendaraan untuk memodif kendaraannya

E. masyarakat yang tidak hidup tertib dilarang menggunakan kendaraan yang bising

Jawaban : B


7. Peraturan Lalu Lintas yang dilansir dalam gambar di atas memberikan pendidikan ketaatan hukum dan penghormatan terhadap hak asasi yang termaktub dalam Pasal 28J ayat (2) UUD NRI Tahun 1945, yakni ...

A. Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain.

B. Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

C. Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.

D. Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

E. Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.

Jawaban : A


8. Perokok pasif merasa dilanggar hak hidupnya untuk sehat dan jaminan pelayanan kesehatan. Padahal, dalam UUD NRI Tahun 1945, terdapat jaminan terhadap hal tersebut, yakni terdapat dalam pasal ....

A. 28G ayat (1) Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi.

B. 28G ayat (2) Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain.

C. 28H ayat (1) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

D. 28H ayat (2) Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

E. 28H ayat (3) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Jawaban : C


9. Berikut ini perilaku yang ditampilkan seorang siswa yang memahami kasus pelanggaran HAM apabila terdapat penegakan disiplin di sekolah, yakni ….

A. meyakini bahwa kedisiplinan ialah bagian dari pembelajaran

B. melaporkan tiap kegiatan mendisiplinkan sebagai pelanggaran HAM

C. bersikap paham terhadap aturan kedisiplinan

D. memercayai kedisiplinan bagian dari proses kebaikan

E. bertindak sesuai aturan dan komitmen yang berlaku

Jawaban : E


10. Jika terjadi pengingkaran kewajiban sebagai warga negara dalam bidang pendidikan, perbaikan yang akan saya lakukan selayaknya seorang pelajar ialah ….

A. membuat kebijakan kurikulum yang lebih baik

B. membuat keputusan dalam musyawarah OSIS

C. memenuhi kewajiban pada orang tua

D. belajar dengan sungguh-sungguh untuk masa depan

E. mencari alternatif pendidikan yang lebih baik

Jawaban : D


11. Setelah pembelajaran tentang bagaimana membuat gagasan dalam mencegah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban, jelaskan hal yang akan dilakukan untuk menciptakan masyarakat yang beradab!

Jawaban : 

1. Perilaku yang solutif menyelesaikan masalah

2. Memiliki nilai baik

3. Mementingkan hidup banyak orang

4. Ada rasa empati

5. Menyebutkan nilai dan normanya


12. Jelaskan pasal-pasal dalam UUD NRI Tahun 1945 yang harus ditegakkan dan paling sesuai dengan kondisi masyarakat sekitarmu. Jelaskan peristiwanya, pasal apa yang dilanggar, dan bagaimana solusinya!

Jawaban : 


13. Mengapa warga negara muda harus mencegah terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban?

Jawaban : 


14. Jika kamu adalah para negarawan pendiri bangsa, apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

Jawaban : 


15. Buatlah sebuah kutipan yang menyatakan komitmen untuk bangsa dan negara ini agar tidak terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara!

Jawaban : 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel