Cara Membuat Akun PTK untuk Mengisi Nilai Raport &USBN di Dapodik



Hallo kawan-kawan operator dapodik, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan sehingga bisa terus menjalankan tugas pendataan pendidikan di sekolah kita masing-masing.

Sahabat operator pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Membuat Akun PTK untuk Mengisi Nilai Raport &USBN di Dapodik.

Tentu sahabat semuanya sudah mengetahui bahwa di dalam Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2017-B terdapat penambahan fitur baru.

Fitur tersebut adalah penambahan Menu Nilai di dalam daftar Menu yang ada di Aplikasi Dapodik.

Menu nilai ini berfungsi untuk mengentrikan data nilai rapor dan USBN peserta didik. Nantinya, nilai yang mereka peroleh selama mengikuti tes semesteran akan diinput menggunakan Dapodik.

Untuk ketentuan mengenai prosedur penginputan nilai, silahkan anda baca pada artikel berikut Prosedur Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik.

Perlu anda semua tahu, bahwa tugas menginput nilai rapor dan USBN bukanlah tugas operator dapodik. Melainkan kewajiban dari setiap guru mapel.

Para operator hanya bertugas menyiapkan segala sesuatu agar proses pengentrian data nilai berlangsung dengan baik dan lancar.

Cara Membuat Akun PTK untuk Mengisi Nila Raport &USBN di Dapodik


Karena menjadi tugas guru mapel, penginputan nilai hanya bisa dilakukan dengan cara login ke Dapodik menggunakan Akun PTK masing-masing.

Ketika operator masuk ke Dapodik, dia tidak akan bisa mengakses Menu Input Nilai. Sebab secara otomatis menu di dalamnya tidak akan aktif.

Maka dari itu, setiap PTK harus mempunyai akun PTK gunanya untuk melakukan Login ke dala Aplikasi Dapodik.

Baca juga: Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop

Nah, jika anda belum memiliki Akun PTK, berikut ini kami sampaikan tentangan bagaimana Cara Membuat Akun PTK untuk Mengisi Nilai Raport &USBN di Dapodik:
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke dala Aplikasi Dapodik sekolah masing-masing (menggunakan akun operator),
  2. Pilihlah menu GTK yang berada di menu sebelah kiri 
  3. Kemudian pilih Sub Menu Guru
  4. Klik pada ssalah satu nama Guru/PTK yang belum memiliki akun
  5. Lalu klik Penugasan yang berada pada menu berwarna yang terletak di bagian atas
  6. Klik Tombol Buat Akun PTK, 
  7. Silahkan anda buat akun PTK anda masing-masing. Username isi dengan email (gmail) yang masih aktif dan password isi dengan password yang akan anda gunakan untuk Login ke Aplikasi Dapodik.
  8. Jika anda ingin melihat seluruh Akun PTK yang sudah terdaftar untuk digunakan Login ke Aplikasi Dapodik, silahkan anda pilih Menu Pengaturan > Klik Tombol Manajemen Pengguna > Masukkanlah Kode Registrasi Sekolah anda.
Catatan Penting!!! Email yang anda daftarkan menjadi akun PTK haruslah memakai paltform Gmail, jangan pakai yang lainnya. Pastikan email tersebut benar-benar masih aktif. Sebab nantinya segala informasi terkait dengan PTK akan dikirim melalui email tersebut.

Berikut ini video tutorial Cara Membuat Akun PTK untuk Mengisi Nilai Rapor dan USBN di Dapodik



Untuk password tidak harus sama dengan password email. Anda boleh memasukkan password apa saja. Namun yang perlu diingat, anda harus hafal dengan password tersebut. Jangan sampai lupa. Sebab menurut pengalaman saya, ketika username dan password sudah diinput maka tidak bisa diubah kembali.

Penutup

Akun PTK pada awalnya hanya diperuntukkan bagi para guru Induk sekolah. Namun karena adanya penambahan fitur Nilai pada Aplikasi Dapodik Versi 2017-B, maka semua PTK baik Induk maupun Non Induk harus mempunyai Akun PTK.

Gunanya untuk mengisi data nilai sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh setiap guru.

Nampaknya saat ini proses pendataan pendidikan akan semakin detail dan teliti, maka dari itu harus kita siapkan dengan sebaik mungkin.

Demikianlah informasi mengenai Cara Membuat Akun PTK untuk Mengisi Nilai Raport &USBN di Dapodik yang bisa saya sampaikan kepada anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Akun PTK untuk Mengisi Nilai Raport &USBN di Dapodik"

Posting Komentar