Cara Mudah Supaya Guru Bisa Login ke Dapodik


Cara Mudah Supaya Guru Bisa Login ke Dapodik - Salah satu pembaruan penting yang terdapat dalam Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2017 ialah Guru dapat melakukan Login ke da Dapodik.

Mekanismenya sama dengan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Para Guru di sebuah sekolah nantinya bisa melakukan Login ke dalam Dapodik menggunakan Username dan Password yang di miliki dengan laptop atau komputernya masing-masing.

Adanya penambahan fitur peran PTK yang bisa login ke aplikasi Dapodikdasmen bertujuan supaya setiap guru bisa mengecek validitas datanya sendiri.

Baca juga: Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil

Misalkan mengenai Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Nama Orang Tua kandung dan berbagai data penting lain.

Dengan begini, tanggungjawab menjaga validitas data guru bukan hanya dipikul oleh operator sekolah semata. Melainkan juga menjadi tanggungjawab guru bersangkutan juga.

Manfaat lain dari penambahan fitur ini adalah jika terdapat sebuah kesalahan dalam proses input data bisa segera diketahui langsung. Sebab orang yang bersangkutan sendiri yang mengoreksinya.

Seumpama saja ketika dalam input nama ada ejaan yang kurang, contoh Solechan tapi diinput dengan Solehan. Maka jika guru tersebut mengoreks sendiri akan segera diketahui kesalahannya. Sehingga operator dapat segera melakukan perbaikan data.

Cara Mudah Supaya Guru Bisa Login ke Dapodik


Kesalahan dalam menginput data meski kelihatannya sederhana tapi bisa berakibat fatal terutama bagi guru-guru yang sudah sertifikasi. Bisa saja tunjangannya tidak cair lantaran data yang dimasukkan tidak valid. Tentunya anda semuanya tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Maka dari itulah penambahan fitur peran Guru bisa login ke aplikasi Dapodikdasmen dirasa menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan.

Apakah Guru Bisa Mengakses Semua Fitur di Dapodik?


Adanya fitur Guru yang bisa Login ke Dapodik menimbulkan sebuah pertanyaan. Apakah nantinya para guru bisa mengakses semua ditur yang ada di dalam dapodik seperti halnya operator sekolah?

Jawabannya adalah TIDAK BISA. Para operator sekolah tidak perlu khawatir mengenai masalah ini. Sebab meskipun guru bisa login ke dapodik namun akses mereka dibatasi.

Para guru hanya bisa mengakses beberapa Menu saja. Meliputi, Beranda, Guru/Tendik serta Profil Pengguna saja. Untuk Menu lainnya secara otomatis tidak akan bisa muncul.

Jadi anda tenang saja, para guru tidak akan bisa mengurangi atau menambah data dapodik meskipun mereka bisa login ke dalamnya.

Cara Mudah Supaya Guru Bisa Login ke Dapodik


Fitur yang membuat guru dapat login ke dapodik diharapkan bisa membantu para operator sekolah untuk mengecek kebenaran data sebelum melakukan sinkronisasi ke pusat. Sehingga potensi kesalahan dapat diminimalisir karena telah dikoreksi langsung oleh guru bersangkutan.

Sebelum bisa melakukan login ke dalam Aplikasi Dapodik, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Guru harus sudah memiliki email aktif (gmail) yang telah diinputkan ke dalam Aplikasi Dapodik yang nanti berguna sebagai akun PTK
  2. Jika belum punya maka buatlah Akun PTK terlebih dahulu. Caranya Klik Menu GTK > Klik Guru > Klik Penugasan > Klik Buat/UbahAkun GTK kemudian isikan data email dan password masing-masing.
  3. Usai akun berhasil dibuat, jangan lupa setiap guru bersangkutan harus mencatat username dan password mereka masing-masing. Jangan sampai lupa


Dalam membuat Akun GTK ada beberapa hal yang harus dipahami, yaitu:

  • Password yang dimasukan ke dalam dapodik bukan berarti password yang sama dengan password asli email guru bersangkutan
  • Diharapkan agar guru sendiri yang memasukan password tersebut untuk menjaga kerahasian data
  • Akun tersebut akan digunakan oleh guru untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)
  • Akun pengguna PTK hanya bisa dipakai untuk PTK yang berada di sekolah induk
  • Pastikanlah semua alamat email yang digunakan valid dan masih aktif

Adapun Cara Mudah Supaya Guru Bisa Login ke Dapodik, anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:
  • Pastikan terlebih dahulu bahwa sekolah anda memiliki jaringan wifi dengan koneksi internet stabil. Anda juga bisa menggunakan fitur theathering hotspot dari Samaftphone. Asalkan koneksi internetnya lancar.
  • Sambungkanlah Lapto anda ke jaringan wifi yang dipakai untuk melakukan Login ke dalam Aplikasi Dapodik
  • Pad Laptop yang menjadi server (laptop yang terinstal aplikasi dapodik) milik operator, silahkan Klik pada tombol Windows yang berada di pojok kiri bagian bawah layar
  • Kemudian arahkanlah kursor menuju ke Menu accessories
  • Selanjutnya Pilih Command Prompt atau juga bisa dengan langsung mengetikkan “cmd” pada Menu Search.
  • Setelah ketemu silahkan Klik Atau Enter, tunggu sampai command prompt terbuka
  • Apabila command prompt sudah terbuka, silahkan ketika “ipconfig”
  • Carilah baris yang bertuliskan IPv4 Addres, di dalamnya akan tampil IP lokal dari komputer server Dapodik. Misalnya. 192.168.0.1
  • Selanjutnya Salin data IP tersebut dan letakkan ke dalam jendela browser anda dan tambahkan degan port aplikasi dapodik yaitu 5774. Sehingga menjadi 192.168.0.1:5774 kemudian enter
  • Tunggu sampai aplikasi dapodik terbuka. Kemudian silahkan anda login menggunakan akun anda masing-masing.


Catatan Penting! Dengan menggunakan metode ini, aplikasi dapodik sebenarnya tidak hanya bisa dibuka melalui laptop atau komputer saja. Melainkan juga bisa diakses memakai tablet, gadeget atau smartphone anda. Yang terpenting anda mengetahu IPv4 PC yang menjadi server dapodik. Gunakanlah web browser Google Chrome atau Mozila Firefox supaya proses Login lancar.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Supaya Guru Bisa Login ke Dapodik yang bisa saya bagikan untuk anda sekalian. Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mudah Supaya Guru Bisa Login ke Dapodik"