Uji Kompetensi PKn Kelas 12 Materi Gotong Royong Kepribadian Bangsa
Uji Kompetensi PKn Kelas 12 Materi Gotong Royong Kepribadian Bangsa dilakukan dengan penilaian sebagai berikut.
A. Pembuatan Laporan Penelitian Sederhana terhadap Pelaksanaan Kegiatan Praktik Gotong Royong yang sudah kamu lakukan sebagai berikut.
1. Gotong Royong untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
2. Gotong Royong Menciptakan Budaya Literasi demi Mewujudkan Generasi Emas 2045
3. Gotong Royong Membangun Perilaku Jujur melalui Kantin Kejujuran
4. Gotong Royong Menghias Kelas untuk Meningkatkan Kenyamanan dalam Proses Belajar-Mengajar
5. Gotong Royong Membentuk Kedisiplinan melalui Kesepakatan dan Konsensus Bersama Warga Sekolah
Ketentuan
Setiap peserta didik melaksanakan dan membuat laporan penelitian tentang praktik gotong royong sesuai tema yang sudah dipilih dengan sistematika laporan sebagai berikut.
a. Judul Penelitian
b. Bab 1 Pendahuluan
• Latar Belakang Masalah
• Tujuan Penelitian
c. Bab 2 Isi
• Laporan Pelaksanaan Kantin Kejujuran
• Analisis Hasil Laporan Pelaksanaan Kantin Kejujuran
d. Bab 3 Penutup
• Kesimpulan
• Saran
B. Melakukan Aksi Semarak Gotong Royong dengan membuat media poster, ilustrasi atau video sebagai bentuk kampanye membangun budaya gotong royong. Media yang dihasilkan dikumpulkan kepada guru dan disebarkan melalui akun media sosial setiap peserta didik. Adapun konten yang dapat dikembangkan sebagai berikut.
1. Gotong Royong Membangun Budaya Jujur di Sekolah
2. Kantin Kejujuran, Membangun Budaya Bangsa
3. Gotong Royong, Kepribadian Bangsa Indonesia
4. Generasi Milenial, Pelopor Budaya Gotong Royong
5. Indonesia, Negara Berkepribadian Gotong Royong